Home Anak dan Keluarga Tegas dan Bijaksana Dalam Mendidik Anak

Tegas dan Bijaksana Dalam Mendidik Anak

 

Menjadi guru Taman Kanak-Kanak (TK),   bukanlah cita-cita Gustina Yuniza sejak awal. Sebelum menikah,  guru yang terkenal ramah dan penyayang ini,  pernah menjadi penyiar radio, MC  acara ,penyanyi  dan pernah menjadi wartawan.

Keinginan untuk mengabdi pada keluarga,  dan punya waktu yang banyak  bagi  keluarganya  mem­buatnya memilih menjadi guru TK. Ia mulai mengajar di TK Angkasa Lanud Padang,  sejak Tahun 2011 hingga kini  dan bahkan langsung jatuh cinta pada profesi ini. Baginya,  mengajar dan berin­teraksi dengan anak-anak setiap hari  merupakan hal yang menye­nangkan.

Guru yang akrab dipanggil Bu Ina oleh murid-muridnya ini menikah dengan Ipda Budi Rahmat (anggota Brimobda Sumbar). Pasangan yang menikah pada 6 Juli  Tahun 2001 tersebut telah dikaruniai 2 orang anak. Suami di mata ibu guru ini adalah  sosok yang  penyabar dan penyayang   keluarga.

Suami selalu mendukung segala kegiatannya selagi   positif. Dalam mendidik anak-anak,  ia dan suami sudah mengajarkan   untuk  disiplin sejak dini..Dan yang penting,  walaupun sibuk bekerja, suami dirumah tidak lupa untuk memberikan perhatian lebih pada keluarganya tentang agama.

Setiap Magrib,  selalu mem­biasakan untuk sholat berjamaah di rumah. Kemudian, membiasakan makan malam bersama  guna me­nambah keharmonisan keluarga.Sebelum jam 9 malam, anak-anak diwajibkan untuk tidur dan tidak ada satupun yang boleh menonton televisi.

“Dalam mendidik anak yang penting harus konsisten, kalau kami  menyuruh anak untuk berdisiplin maka orangtua harus memberi contoh yang baik pula,” katanya.

Untuk urusan dapur dan mengurus kebutuhan rumah tangga, ibu guru yang sedang melanjutkan pendidikannya di S1 PG TK UNP ini memilih melakukan  sendiri. Memasak untuk keluarga adalah hal yang menyenangkan.

Jadi , sesibuk apapun ia tetap meluangkan waktu untuk memasak . Urusan antar jemput anak-anak ke sekolah,  juga dikerjakan sendiri olehnya.Walaupun sosoknya yang ramah dan lembut, dirumah ibu guru ini sangat tegas pada anak-anaknya. Tujuannya adalah agar  anak-anaknya kelak tidak menjadi anak yang manja

Putra pertamanya bernama,  Fadel Rayza Alghazi (10 tahun) duduk di kelas 4 SD Angkasa.  Seperti anak laki pada umumnya,  Fadel sangat menyukai bola.Fadel mirip papanya,  lebih kalem dibanding adiknya. Sang adik yang bernama , Fazhilla Rayza Syafitri (8 tahun) sekarang duduk di kelas 1 SD Nurul Iklas.

Sama seperti ma­manya,  Fazhilla memiliki bakat menari dan menyanyi. Bahkan , tidak jarang Fazhilla dan mamanya rebutan nyanyi kalau ada kesempatan nyanyi di acara- acara. Disaat liburan , kelu­arga ini menghabiskan waktunya dengan ja­lan-jalan  keluar kota, berenang atau dengan wisata kuliner.Menurutnya,  liburan adalah waktu yang te­pat untuk memberikan perhatian lebih kepada anak-anaknya. Dan , liburan harus dilewati dengan kegiatan yang menye­nangkan.

Men­jadi seorang ibu,   harus kuat dan tegar. Dalam menjalani kehidupan,  masa­lah selalu ada. Tetapi yang terpenting,  ” tersenyum­lah saat kecewa, karena rasa sedih itu tidak akan mampu menan­dingi rasa bahagia yang diterima”. Dan yang pen­ting,  keluarga ha­rus selalu dinomor satukan.

 

Sumber:  harianhaluan.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?