Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Jangan Dimarahi, Begini Cara Tepat Agar Anak Tak Lagi Pilih-pilih Makanan
Home Anak dan Keluarga Jangan Dimarahi, Begini Cara Tepat Agar Anak Tak Lagi Pilih-pilih Makanan

Jangan Dimarahi, Begini Cara Tepat Agar Anak Tak Lagi Pilih-pilih Makanan

 

 

 

Jangan-Dimarahi-Begini-Cara-Tepat-Agar-Anak-Tak-Lagi-Pilih-pilih-MakananAnak picky eater atau suka memilih-milih makanan memang bisa membuat orang tua jengkel. Akhirnya, tak jarang jika si kecil tetap kekeuh tidak mau melahap makanan yang disajikan, orang tua pun akan marah.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dan remaja Roslina Verauli M.Psi mengatakan memarahi anak atau memaksa anak makan justru akan menciptakan ketegangan pada saat makan dan waktu makan. Akibatnya, anak menolak untuk makan dan makin tidak mau makan.

Selain itu, dikatakan Vera, begitu ia akrab disapa, memarahi anak juga bisa memengaruhi psikis anak maupun orang tua. Anak menjadi merasa tertekan dan tidak nyaman, orang tua pun bisa saja stres. Lantas bagaimana cara tepat menanganinya?

"Coba modifikasi atau berikan variasi makanan pada anak. Jadi menunya jangan itu-itu saja. Misalnya, jika anak tidak suka dengan sayuran tertentu, maka sajikan sayuran tersebut dalam bentuk potongan-potongan kecil supaya anak mengenal makanan tersebut," kata Vera saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Kamis (28/8/2014).

Atau, campurkan dengan makanan yang disukai anak, misalnya tahu diisi daging dan sayuran lalu dikukus seperti siomay. Diakui Vera, untuk mengatasi picky eater memang tidak mudah. Seringkali orang tua mudah menyerah saat memberikan makanan bernutrisi untuk si kecil. Sehingga, sekali saja anak tidak mau diberi makanan tertentu, orang tua langsung berhenti mencoba memberi makanan itu.

Padahal dikatakan Vera, untuk mengenalkan makanan pada anak dibutuhkan 8-12 kali percobaan yang dilakukan dalam selang waktu beberapa hari bahkan bulan. Selain dengan modifikasi menu, hal terpenting agar anak picky eater mau mengonsumsi makanan yang disajikan adalah adanya contoh dari orang tua.

"Orang tua juga harus menjadi model perilaku makan. Selalu makan bersama dengan anak. Jangan pilih-pilih makan juga sehingga anak bisa meniru apa yang dipelajarinya dari orangtua," tutur Vera.

Pada dasarnya, Vera mengatakan anak-anak terutama yang masih balita cenderung meniru apa yang dilakukan orang di sekitarnya. Sehingga, memberi contoh pada anak untuk memakan segala jenis makanan bisa jadi cara jitu agar si picky eater tak anti lagi terhadap beberapa jenis makanan.

sumber: detik.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mens sana in corpore sano ... di sinilah pembentukan manusia dan SDM unggul dimulai"
Bu Ratih Ketua Pos Yandu TTC

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?