Home Anak dan Keluarga Pentingnya membaca keras-keras bagi sang buah hati

Pentingnya membaca keras-keras bagi sang buah hati

 

 

pentingnya-membaca-keras-bagi-anakTingkat literasi Indonesia dianggap masih sangat rendah. Berbagai kritik mengatakan ketertinggalan Indonesia di bidang pendidikan bisa diatasi bila anak Indonesia lebih rajin membaca buku. Kalangan pendidik berharap anak-anak selalu dikenalkan dengan dunia membaca sejak dini. Namun, bagaimana merangsang anak agar lebih menyukai buku?


Pada bulan Juni lalu, American Academy of Pediatrics menerbitkan pernyataan yang berupaya meningkatkan tingkat literasi anak. Orangtua disarankan untuk membacakan cerita untuk anak-anak mereka dengan suara keras, untuk meningkatkan literasi anak dan kemampuan sosial-emosional.

“Aktivitas membaca bersama anak-anak merupakan cara yang menyenangkan untuk membangun hubungan orangtua dengan anak yang kuat dan sehat. Aktivitas ini juga bisa membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada usia dini,” ungkap Dr. Pamela High, profesor dan dokter anak dari Brown University.

Berbagai studi telah menunjukkan manfaat dari membacakan cerita dengan suara keras.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 di Amerika, menunjukkan kurang dari separuh anak-anak yang biasa membaca sehari-hari. Masalah itu dialami oleh anak-anak yang lahir di keluarga dengan pendapatan rendah. Mereka mendengar lebih sedikit kosakata pada masa awal tumbuh kembang, dan pada usia 3 tahun hanya mengenal sedikit kosakata.

Hal yang sama juga dialami pada anak-anak di keluarga dengan penghasilan yang lebih tinggi. Meskipun anak-anak mereka cenderung lebih sering membaca, jumlahnya hanya sedikit. Banyak anak-anak yang berasal dari keluarga mampu tidak punya pengalaman dalam interaksi yang kaya bahasa, seperti membaca bersama. Sebab umumnya sama, kurangnya waktu bersama, kurangnya pemahaman orangtua tentang pentingnya membaca keras-keras, dan pengaruh hiburan lain seperti media elektronik.

Karena itu, American Academy of Pediatrics mendorong dokter anak untuk berbicara kepada para orangtua mengenai pentingnya membaca keras-keras. High mengatakan, aktivitas tersebut sangat penting bagi perkembangan otak anak-anak dan kemampuan literasi.

High berpesan kepada para orangtua untuk ingat 5 hal pada pendidikan anak usia dini. Pertama, membaca bersama anak-anak secara rutin setiap hari. Kedua, bernyanyi bersama dan bercanda dengan anak-anak setiap hari. Ketiga, menetapkan waktu rutin dan teratur mengenai waktu makan dan tidur. Keempat, memberi hadiah atau penghargaan untuk setiap usaha dan keberhasilan anak-anak untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kelima, membangun hubungan yang timbal balik.

Sumber: koranopini.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?