Home Anak dan Keluarga Apakah AC membahayakan kesehatan anak kita?

Apakah AC membahayakan kesehatan anak kita?

 

 

 

Dampak AC bagi kesehatan anak

Apa saja kelebihan yang didapat dalam penggunaan AC?

  • Udara menjadi bersih dan terhindar dari polusi serta bebas debu yang berbahaya bagi kesehatan pada saluran pernapasan.
  • Membuat udara terasa dingin dan segar.
  • Temperatur udara yang rendah akan membawa nuansa nyaman pada saat tidur.
  • Tubuh tidak mudah berkeringat yang mengakibatkan hilangnya kenyamanan di dalam ruangan.


Kelebihan-kelebihan di atas tidak akan sebanding dengan resiko yang ditimbulkan pada kesehatan di masa mendatang apabila penggunaan AC sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, yaitu:

  • Terjadi pembengkakan saraf yang melewati pembuluh darah di pergelangan tangan. Menyebabkan gejala nyeri pada beberapa jari yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah.
  • Menyebabkan gangguan saraf yang dinamakan bell's palsy yaitu terjadi kelumpuhan pada wajah di satu sisi.
  • Penyebab leher kaku atau tortikolis. Kaku di leher pada saat menoleh dan terasa nyeri pada saat digerakkan secara paksa.
  • Bahu beku atau frozen shoulder, gejala ini terjadi pada saat bangun pagi dan Anda akan merasakan sulit untuk menarik bahu atau tangan ke atas sehingga untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari akan sulit.
  • Mudah terserang virus. Hal ini terjadi karena tidak ada ventilasi udara pada saat menghidupkan mesin AC dalam ruangan sehingga segala macam virus akan tetap berada dalam satu ruangan dan bercampur dengan udara yang dihirup.
  • Ruangan ber-AC yang selalu tertutup akan mengakibatkan akumulasi karbondioksida ke dalam ruangan yang berakibat kepala pusing dan tubuh menjadi lesu.
  • Menyebabkan kulit menjadi kering. Sangat disayangkan jika anak Anda mempunyai kulit yang tidak sehat dan kering, karena mesin AC bekerja menurunkan temperatur udara dan menangkap partikel air di udara untuk memproduksi hawa dingin sehingga memicu kulit menjadi kering. Sedangkan kulit yang kering akan mudah terkena masalah seperti gatal-gatal dan dapat juga memperburuk pada gangguan kulit yang sedang diderita.
  • Bagi anak yang memiliki alergi dingin hal ini menjadi salah satu faktor penyebab utama kambuhnya seperti rinitis alergi atau asma.
  • Penyebab kegemukan atau obesitas, menurut para ahli telah ditemukan bahwa AC juga mendukung terjadinya obesitas baik pada anak-anak maupun orang dewasa karena suhu dingin mengakibatkan minimnya aktivitas tubuh. Tubuh yang kurang melakukan aktivitas yakni sebagai pelepasan energi pembakaran lemak akan menimbun banyak lemak dalam tubuh dan mengakibatkan obesitas.


Beberapa hal diatas menjawab pertanyaan dari judul Apakah AC Membahayakan Kesehatan Anak Kita?Dan jawabannya adalah berbahaya, karena sangat memprihatinkan jika Anda sebagai orang tua tidak memperhatikan dampak buruk dari AC yang akan di alami buah hati Anda di masa yang akan datang. Mana yang harus Anda pilih, kenyamanan yang aman untuk kesehatan atau kenyamanan tidak aman untuk kesehatan. Demi mendapatkan kesehatan dalam tubuh tidak semua didapat dari rasa kenyamanan yang instan, melainkan dari usaha keras yang berusaha melawan godaan yang memiliki kenikmatan yang bersifat sementara. Semoga artikel ini membantu menjawab permasalahan mengenai memilih hal-hal yang terbaik bagi orang tercinta Anda.


Sumber: keluarga.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

ANDA ingin mempunyai Web baik untuk Web Usaha maupun Pribadi?

Kami siap membantu mulai Pembutan Web maupun Mengajarkan Pengoperasionalannya dengan biaya yang sangat murah. Selain itu kami juga bisa membuatkan animasi-animasi sederhana seperti yang kami contohkan di Web posyandu.org ini. Biaya 1 animasi hanya Rp 25.000. Seluruh(100%) hasil/pendapatan pembuatan Web dan Animasi digunakan untuk operasional pembiayaan Posyandu TTC.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?