Home Anak dan Keluarga Tanda-Tanda Anak Kena Cacingan

Tanda-Tanda Anak Kena Cacingan


Tanda-Tanda Anak Kena Cacingan

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 prevalensi anak sekolah dasar yang terkena cacingan rata-rata mencapai 28 persen. Bila terkena gejala yang muncul pun bisa bermacam-macam.

Dijelaskan oleh Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang, Kementerian Kesehatan, drg Vensya Sitohang, MEpid, untuk mengetahui spesifik cacingan dari gejala saja sebetulnya cukup sulit. Pada kasus infeksi ringan bahkan mungkin saja tak ada gejala sama sekali.

Namun demikian ketika infeksi parah seorang anak bisa menunjukkan gejala seperti lemah, letih, dan lesu. Perut juga bisa terlihat membuncit namun secara keseluruhan tubuhnya kurus karena cacing terus menghisap darah dan nutrisi.

"Semua makanan bergizi dan segala macamnya itu sudah dimakan sama cacing. Anak nanti lama-lama bisa kena stunting," kata drg Vensya pada pencanangan Gerakan Waspada Cacingan di Sasana Griya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Untuk kasus infeksi kremi, orang tua bisa lebih tahu secara spesifik karena cacing bisa dengan mudah terlihat di dubur anak. Pada malam hari cacing kremi akan aktif bergerak dari usus ke dubur untuk bertelur sehingga membuat rasa gatal.

Spesialis anak dari RS Harapan Kita, dr Sri Kusumo Amdani, SpA(K), mengatakan cacing kremi ini cukup sulit untuk diberantas karena siklusnya yang cepat dan mudah berkembang biak.

"Ya tapi untuk tahu pastinya kita harus lakukan periksa kotoran biar nanti dilihat ada telur cacingnya atau enggak," tutup dr Amdani.

Sumber: health.detik.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?