Home Anak dan Keluarga 7 Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Gigi Anak

7 Makanan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Gigi Anak

 

 

 

Cara menjaga kesehatan gigi anakKesehatan gigi anak akan tetap terjaga dengan memiliki pola hidup yang sehat, seperti rajin membersihkan gigi dan menjaga pola makan teratur. Nah, terkait dengan pola makan, ada beberapa makanan yang perlu dihindari, namun ada juga makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi anak karena mengandung zat atau vitamin yang baik bagi gigi. Blueberry, buah-buahan sitrun, dan minuman bersoda merupakan beberapa pantangan bagi anak-anak yang memiliki gigi sensitif. Lalu makanan dan minuman apa yang baik untuk menjaga kesehatan gigi anak?

Buah Kiwi

Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan gusi dengan menguatkan kolagen yang terdapat di bagian mulut ini. Jika kolagen melemah, gusi akan lebih mudah terinfeksi oleh kuman dan bakteri jahat.

Keju

Kaya akan fosfat dan kalsium membuat keju sangat baik dikonsumsi anak-anak karena mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kandungan asamnya menyeimbangkan kadar keasaman di rongga mulut sehingga dapat membunuh bakteri jahat yang menempel pada lapisan email sekaligus mencegah kerusakan gigi dan infeksi gusi.

Seledri

Sayuran yang sering digunakan sebagai pelengkap sup tersebut sangat gurih jika dikonsumsi secara langsung. Mengunyah seledri dapat meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralisir bakteri dalam rongga mulut  sehingga daya tahan gigi dan gusi akan semakin kuat. Seledri juga mampu mengangkat sisa-sisa makanan di celah gigi yang tidak bisa hilang hanya dengan menyikatnya, dengan begitu kesehatan gigi akan tetap terjaga.

Teh Hijau

Teh hijau sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh mulai dari permukaan kulit, organ-organ tubuh bagian dalam, sampai dengan kesehatan gigi dengan mematikan bakteri-bakteri jahat yang hinggap di sana. Bakteri dapat menyebabkan plak dan karang gigi, bahkan memicu infeksi pada gusi. Dengan rajin mengonsumsi teh hijau, kemungkinan tersebut bisa Mama perkecil.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak antibakteri yang juga mampu melawan bakteri jahat di rongga mulut. Makan bawang putih secara langsung akan lebih berkhasiat, namun jika si kecil tidak terbiasa, mencampurkannya dalam masakan pun tidak masalah. Kandungan antioksidannya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk kekebalan rongga mulut terhadap ancaman berbagai infeksi.

Kentang

Beruntung sekali jika anak-anak suka kentang, kandungan vitamin A di dalamnya merupakan elemen terpenting dalam pembentukan lapisan email gigi sekaligus mempertahankan kesehatan gigi dan gusi.

Susu

Tanpa disadari ada zat-zat asam yang tertinggal di rongga mulut setelah anak-anak mengonsumsi makanan yang dapat merusak gigi dan menimbulkan plak serta karang gigi, jadi minumlah segelas susu untuk mentralisir hal tersebut. Minum susu dengan cara yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan gigi, misalnya menggunakan gelas ketimbang botol susu.

Tambahkan bahan makanan tersebut pada menu harian si kecil karena, selain mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, sumber makanan dan minuman tersebut juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi anak-anak.

 

Sumber: magazine.orami.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?