Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Membentuk KONSEP diri
Home Artikel Seputar Senso Membentuk KONSEP diri

Membentuk KONSEP diri

 

 

Tahukah anda bahwa konsep diri itu dipengaruhi oleh Cita-cita, Citra diri dan Harga diri.

Cita-cita itu adalah suatu harapan untuk mencapai suatu target dari diri kita sendiri, yang tentunya ini seringkali dipengaruhi oleh lingkungan hidup kita, ya orangtua, ya guru, ya teman, ya pacar,dan kadang malah tetangga juga. Sehingga kerap kali cita-cita kita bukanlah cita2 kita lagi melainkan cita-citanya orang lain (hayoo ngakuu)
Tapi bila ini sudah terjadi pada diri anda ya jalankan saja, karena kita gak mungkin lagi kan untuk mengubahnya…;-))
Saran saya agar tidak terlalu mempengaruhi kehidupan anda ya jangan dipikirkan lagi lah…life must go on , right???

Karena ada yang lebih penting lagi yang harus anda perhatikan, itu adalah PRINSIP diri….sesuatu yang ada dalam diri anda itu harus anda yakini dulu, inilah yang merupakan PENGALAMAN yang anda ukir selama anda masih di usia emas .
Yang merupakan pengalaman SENSOMOTORIK (pengalaman sedih, sendu, kesal, bahagia, riang, dll ) disitu anda akan selalu merasakan suatu SENSASI yang akan menggiring anda kesuatu kesuksesan , tetapi tentunya juga tidak jarang pada suatu kegagalan.

Jangan salah disitu juga anda sedang mengukir suatu gambaran tentang diri anda sendiri, disitu pula anda mulai “Membangun keyakinan diri anda sendiri” atau malah “meruntuhkan” KEYAKINAN itu karena terbukti anda masih KURANG PERCAYA DIRI dalam tanda kutip. Yang bisa saja ketika anda sedang mengukir jati diri anda, disitu orangtua anda masih memprotek diri anda secara berlebihan.
Sedang CITRA DIRI atau yang disebut juga sebagai KARAKTER merupakan salah satu FONDASI atau DASAR dan sekaligus merupakan TIANG PENYANGGA kehidupan kita sepanjang masa.

Bila anda merasa karakter anda masih lemah, ada kemungkinan anda di usia emas anda terlalu banyak di recoki oleh susunan kekeluargaan anda yang begitu erat, sehingga anda di”pisah”kan dari rasa pilu, sedih, sendu, kekecewaan berat, membuat anda tidak mempunyai kesempatan untuk belajar mengatasi permasalahan yang datang pada diri anda. Ini bukan berarti anda tidak bisa merubahnya, jadikanlah hidup anda yang sekarang ini menjadi lebih produktif, Kreatif, Inovatif, serta mau dan berani mengambil risiko agar anda memahami apa arti SENSASI keberuntungan dan SENSASI kegagalan, serta bagaimana mengatasinya dengan perasaan “DAMAI”udah berarti anda sudah berKARAKTER kuat.

Na, bila anda tetap kesulitan dalam mengubah Citra diri anda. KARAKTER anda disitu itu dikarenakan, ada HARGA DIRI anda yang anda lupakan. Banyak sekali orang Indonesia memang yang kurang menghargai diri sendiri, bila ini terjadi berarti perjuangan anda masih kurang untuk membangkitkan diri sendiri.
Tuhan pun mengatakan, bahwa TUHAN tidak akan mengubah nasib manusia, sampai MANUSIA mengubahnya sendiri.

Seperti juga ucapan seorang pujangga dari Inggris (Aldous Haxley) “Hanya ada satu disudut sana dialam semesta ini yang anda bisa perbaiki, yaitu diri anda sendiri”
PENTING!! sebagai saran saya kita memang harus ber KEINGINAN dan mempunyai KEMAUAN untuk berubah menjadi yang lebih baik. Ingat Tuhan pun tidak meungkin menjadikan diri anda menjadi orang lain, atau menjadi orang yang anda IDOLA kan.

 

Sumber:  groups/sensomotorik

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?