Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Mengarahkan anak belajar relax
Home Artikel Seputar Senso Mengarahkan anak belajar relax

Mengarahkan anak belajar relax

 

Posisikan badan tengkurap, kepala menghadap tangan dalam posisi kedepan muka. Tangan yang disebelah belakang lurus ke arah kaki . Kedua tungkai kaki agak ditekuk (pada posisi kodok)  begitu juga tumit. Bila anak sangat hyperactive atau tubuh terlihat kaku maka berikan fixasi dengan memegang tangan anak yang berada di depan muka, pada saat yang bersamaan berikan juga fixasi pada pubis/bokong agar gerakan tungkai kaki terminimais. Respons yang diharapkan adalah gerakan kuat dari salah satu tungkai kearah atas depan. Lakukan pada setiap sisi tubuh Kiri dan kanan. Fixasi dari setiap sisi hanya sekitar 2-5 menit dan tidak boleh terputus-putus. Tujuannya positioning ini  untuk merangsang otot-otot dari seluruh tubuh baik yang kaku maupun lemah serta untuk memperbaiki pola gerakan tubuh juga merangsang gerakan lokomotion (gerakan maju kedepan) serta vertikalisasi. (ke arah atas) Khusus pada anak Hyperactif positioning ini memberikan kelegaan pada anak sehingga anak mau merelaxkan dirinya, tidak lagi berputar-putar, erakan liarpun akan berkurang dengan sendirinya


Cara membantu anak belajar mengunyah dan menelan

Tekanan pada dagu, ini kita lakukan pada anak-anak yang mempunyai kesulitan menelan. Posisi anak terlentang sebaiknya diatas pangkuan kita, berikan tekanan lembut dibawah dagu secara konsisten selama 2-3 menit (jari2 yang menekan dagu tidak boleh diangkat , selama 2-3 menit itu).

Kejadian ini boleh diulang dirumah 3x sehari, sebaiknya 15 menit sebelum makan. Tujuannya untuk menguatkan otot-otot rahang, mengembalikan refleks hisap, merangsang gerakan pada lidah dan bibir melawan gravitasi. Agar anak mau mengunyah, dan menelan, serta otot lidah menjadi kuat sehingga anak mampu bicara.

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?