Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Berbagai Cara Meredakan Nyeri Melahirkan Alami
Home Berbagai Cara Meredakan Nyeri Melahirkan Alami

Berbagai Cara Meredakan Nyeri Melahirkan Alami

meredakan nyeri dalam melahirkan alamiPengalaman melahirkan, termasuk kadar rasa sakit yang dialami, sangat bervariasi untuk setiap ibu. Ada beragam teknik mengurangi rasa sakit ketika persalinan. Berikut adalah pilihan-pilihan pereda sakit melahirkan tanpa obat kimia. Silakan Anda pilih yang paling nyaman dan cocok untuk Anda.

Atur pernapasan dan relaksasi. Cara ini dapat dipelajari di kelas prenatal. Teorinya: napas yang panjang dan pelan akan membantu Anda. Oksigen akan memudahkan bayi “berjuang” melewati jalan lahir. Kenyataannya: teknik napas ini seringkali sulit dilakukan dan terlupakan ketika Anda sedang menghadapi ‘serangan’ kontraksi yang kuat secara berturut-turut dan berlangsung lama.

Bergerak (bersalin secara aktif). Ini adalah cara persalinan yang memberi kesempatan kepada Anda untuk leluasa bergerak dengan aktif agar ‘menemukan’ posisi yang paling nyaman selama proses persalinan. Teorinya: karena berhasil menemukan posisi-posisi paling nyaman, maka Anda juga menemukan posisi yang paling minimal terasa sakitnya selama persalinan dan persalinan pun lancar.
Kenyataannya: bisa saja Anda akan mengalami kesulitan untuk bergerak di tengah proses persalinan, serta mungkin sudah kelelahan dan kehabisan tenaga untuk aktif bergerak.

Air hangat. Dengan memanfaatkan air hangat bersuhu 36 – 37 ºC tubuh Anda akan nyaman menjelang persalinan. Teorinya: tubuh akan terasa rileks berkat kehangatan air yang membantu pembuluh darah untuk melebar sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Kenyataannya: tidak semua rumah sakit bersalin menyediakan fasilitas bath tub di kamar mandinya atau water birth.

Aromaterapi dan pijat. Sensasi pijatan pada titik-titik tertentu akan memberikan rasa nyaman dan menghambat impuls rasa sakit ke otak. Ditambah aromaterapi untuk rileks dan akan membuat Anda nyaris tak merasakan sakit selama proses persalinan. Teorinya: pijatan yang dilakukan oleh suami juga merupakan dukungan mental yang membuat Anda lebih berani dan percaya diri menghadapi proses persalinan. Pijat juga mengurangi rasa sakit pada bagian belakang tubuh, terutama daerah panggul. Kenyataannya: tidak sedikit ibu yang sedang ‘berjuang’ menghadapi kontraksi dan bersiap untuk mengejan bersikap tidak mau disentuh dan enggan berdekatan dengan orang lain.  

Akupuntur atau shiatsu. Akupunktur memberikan tekanan pada titik-titik tertentu dengan jarum kecil, sedangkan pada shiatsu dilakukan tanpa alat bantu. Teorinya: teknik ini cukup aman dan tidak memiliki efek samping pada bayi. Kenyataannya: reaksi tiap ibu bisa berbeda, ada yang menjadi rileks dan nyaman, tapi ada juga yang justru merasakan kelelahan karena merasa menjadi lebih bertenaga. Cara ini juga harus dilakukan oleh terapis yang benar-benar ahli dan terpercaya, karena bila penempatan jarum tidak tepat malah akan menambah rasa sakit.

Sebagai bahan petimbangan Anda memilih teknik yang paling tepat, berkonsultasilah juga dengan dokter kandungan Anda yang mengerti kondisi kehamilan Anda.

Sumber ayahbunda.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasanya ingin kembali menjadi Balita. Polos ... apa adanya ... tanpa beban"
Bu Anto Kader dari RT 1

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?