Home Berita Paud Wujudkan PAUD Unggulan Berstandar Nasional

Wujudkan PAUD Unggulan Berstandar Nasional

 

Sebanyak 30 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) PAUD Unggulan di Gedung Guru Jalan Harva Samarinda. Kamis (8/11) kemarin, diklat tersebut dibuka Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Kaltim (Disdik), Fathurrakhman. Dia mengungkapkan, memilih pendidik PAUD unggulan sebagai peserta diklat kali ini, karena mereka sudah memiliki kompetensi yang cukup matang. Dari segi sarana dan prasarana di lembaga tiap-tiap kabupaten/kota juga tergolong memadai. Namun, apa yang mereka miliki, tentunya perlu dibenahi, demi terwujudnya PAUD unggulan yang berstandar.


“Karena itu, pada kesempatan ini selama 3 hari para pendidik akan diberi diklat yang diisi beberapa narasumber. Di antaranya dari unsur Disdik provinsi, Himpaudi provinsi, perguruan tinggi, dan beberapa pemateri lain. Setelah diklat ini, rencananya mereka akan dibawa untuk studi banding ke Jawa Timur,” ujarnya.Kurang lebih selama 4 hari, mereka akan berkunjung ke beberapa lembaga PAUD yang ada di Surabaya dan Sidoarjo, baik itu PAUD yang sudah berskala nasional maupun internasional. Fathurrakhman menuturkan, secara tidak langsung dengan adanya kunjungan tersebut guru dapat mengetahui proses pembelajaran yang ada di sana. Seperti bagaimana kurikulumnya, keefektifan alat permainan edukatif (APE), dan hal teknis yang berkenaan dengan PAUD itu sendiri.


“Selain itu, para pendidik juga dapat mengetahui langsung, kebijakan-kebijakan serta penggunaan APBD dan APBN untuk PAUD di sana. Apakah pemerintah Jawa Timur juga mendapat bantuan, berupa beasiswa, buku, APE, dan bantuan lain, semuanya dapat dipelajari lebih intensif di sana,” terangnya. Inti dari diklat dan studi banding ini, sambung dia, untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka, terutama pendidik yang telah menjadi PAUD percontohan di setiap kabupaten/kota. “Hal yang masih kurang dapat dibenahi dan dipelajari lagi, di mana sisi yang masih perlu dikembangkan,” ungkapnya. Fathurrakhman menambahkan, pemerintah bahkan berencana pada tahun mendatang, sudah terdapat PAUD yang berskala nasional maupun internasional.

 

Sumber: v kaltimpost.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasanya ingin kembali menjadi Balita. Polos ... apa adanya ... tanpa beban"
Bu Anto Kader dari RT 1

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?