Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Cabai - Cabe
Home Cabe

Cabai - Cabe

 

cabe unik indonesiaCabe pedascabe paling pedas

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas rempah/sayuran yang banyak dibudidayakan. Selain untuk bumbu atau sayuran, cabe juga bermanfaat kesehatan karena mengandung zat capsaicin. Capsaicin berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang. Dari berbagai penelusuran, cabai berasal dari Amerika Selatan dan Tengah yang kemudian menyebar keseluruh dunia, terutama ke Asia Selatan.

Dalam perjalanan mencari alternative rempah lada hitam sekitar 1493, di Amerika Christopher Columbus menemukan sebuah tanaman ini. Saat itu diketahui, bahwa cabe telah berabad-abad digunakan sebagai bumbu oleh penduduk asli Amerika. Segera setelah penemuan ini, cabe menjadi sangat terkenal diseluruh dunia. Ada berbagai jenis cabe di Amerika Selatan dan Tengah digunakan penduduk asli Indiana sudah lebih dari 7000 tahun yang lalu. Cabe digunakan sebagai bumbu. Bahkan kemungkinan besar juga telah digunakan oleh bangsa Maya sebagai obat.

Sebagai benih mulai dibudidayakan, karakteristik baru lainnya mulai dikembangkan. Pada saat Spanyol tiba di Amerika, penduduk asli telah mengembangkan puluhan varietas cabe - prekursor cabai modern kita hari.
Chilli spesies lada diidentifikasi mengandung senyawa yang berbeda, termasuk Capsaicinoids (misalnya capsaicin), karotenoid dan flavonoid. Beberapa studi menunjukkan bahwa Capsicum dan capsaicin memiliki efek anti-oksidan dan anti-bakteri.
Obat-obatan yang mengandung unsur cabe.
Algipan Rub ®,  Zacin ® cream, Axsain ®, Buttercup ® Syrup.

Kandungan gizi cabe.
Kandungan zat gizi cabe ternyata lebih besar dari pada yang terdapat pada buah buahan seperti mangga nangka ataupun nanas.Zat yang terkandung pada cabe seperti vitamin C, betakarotin (provitamin A).Bahkan mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang mengalahkan mineral pada ikan.

Kandungan gizi cabe.

Salah satu khasiat terbesar cabe adalah kapsaisin yang terdapat pada urat cabe yang berwarna putih, yang berfungsi sebagai tempat melekatnya biji cabe  Kapsaisin ini bersifat antikoagulan, yaitu menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Sehingga orang yang suka makan sambal dapat memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan darah (aterosklerosis), sehingga dapat mencegah munculnya serangan stroke dan jantung koroner maupun impotensi.

Rasa pedas pada cabe.
Kapsaisin termasuk di dalam Kapsaisinoid, yaitu zat kimia yang menimbulkan rasa pedas yang ada dalam tumbuh-tumbuhan, seperti cabe
Rasa pedas ini muncul karena kapsaisin menciptakan isyarat yang sama bagi otak seperti saat kulit terkena panas. Berbeda dengan panas, rasa panas dari lidah ini hanya "rasa", bukan terbakar sesungguhnya.

Scoville

Kapsaisin adalah zat nonpolar, tidak bisa dicampur air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air karena kapsaisin tidak larut, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut. Jenis kapsaisinoid bisa Anda lihat dalam tabel di bawah ini:

kapsaisinoid

Mengatasi Kepedasan Karena Cabe
Beberapa cara yang dapat dilakukan saat mengalami kepedasan, yaitu:

  • Kunyahlah makanan yang mengandung kasein. Karena, kasein dapat melarutkan capsaicin sehingga rasa pedas pada lidah akan berkurang. Contoh makanan yang mengandung kasein: susu bubuk, nasi, dan roti tawar.
  • Makanlah makanan yang mengandung minyak karena minyak juga dapat melarutkan kapsaisin.
  • Jangan meminum minuman bersoda. Karena, minuman ini akan membuat rasa pedas dan panas menjadi semakin dahsyat.


Nama local:
Sumatera: campli, capli (Aceh), ekiji-kiji, kidi-kidi (Enggano), leudeu (Gayo), lacina (Batak Karo), lasiak, lasina (Batak Toba), lada sebua (Nias), raro sigoiso (Mentawai), lado (Minangkabau), cabi (Lampung), cabe, lasinao (Melayu). Jawa: cabe, lombok, sabrang (Sunda), lombok, mengkreng, cabe (Jawa), cabhi (Madura), tabia (Bali): Nusa Tenggara: sebia (Sasak), saha, sabia (Bima), mbaku hau (Sumba), koro (Flores), hili (Sawu). Kalimantan: sahang (Banjar), rada (Sampit), sambatu (Ngaju). Sulawesi: rica (Mana-do), bisa (Sangir), mareta (Mongondow), malita (Gorontalo), lada (Makasar), ladang (Bugis). Maluku: manca (Seram), siri (Ambon), kastela (Buru), maricang (Halmahera), rica lamo (Ternate, Tidore), maresen (Kalawat), rihapuan (Kapaon), riksak (Sarmi), ungun gunah (Berik). NAMA ASING La chiao (C), spaanse peper (B), piment, guinea pepper,cayenne pepper, red pepper (I), poivre long (P), beisbeere, spanischer pfeffer (J). NAMA SIMPLISIA Capsici Fructus (buah cabai merah).

 

Sumber: naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?