Home Distribusi Vitamin A di Posyandu Belum Maksimal

Distribusi Vitamin A di Posyandu Belum Maksimal

(foto:kecamatandayeuhkolot)

Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (riskesdas), terjadi penurunan angka kurang gizi pada balita menjadi 17,9 persen atau turun 1,5 persen dari 18,4 persen pada tahun 2007. Namun Indonesia masih mengalami persoalan kelaparan tersembunyi (hidden hunger).

Demikian disampaikan ahli gizi Yulia Rimawati, SP pada acara konferensi pers 'Hari Gizi Nasional bersama GiziKita' di restoran Pulau Dua, Senayan Jakarta, Minggu (23/1/2011)

Menurutnya, penduduk Indonesia masih menghadapi ancaman masalah gizi mikro. "Selain tingginya angka gizi buruk dan gizi kurang, masalah micro nutrient masih kerap dijumpai di Indonesia", ujar Yulia.

Yulia menegaskan, bahwa rata-rata balita yang mengalami kelaparan tersembunyi mencapai angka 50 persen. "Sekitar 50 persen rata-rata masih mengalami kelaparan tersembunyi," ujar Yulia.

Zat gizi mikro adalah gizi yang jumlahnya diperlukan oleh tubuh, dan jika tak terpenuhi ini dapat mengganggu metabolisme tubuh. Masalah gizi mikro yang ditemui di Indonesia adalah kekurangan zat besi, yodium dan vitamin A.

Berdasarkan riskesdas 2010, persentase anak umur 6-59 bulan yang menerima kapsul vitamin A selama 6 bulan berturut-turut hanya 69,8% dan ini membuktikan bahwa pemberian vitamin A yang dilakukan di Posyandu belum total.

"Persentase anak umur 6 sampai 59 bulan yang menerima kapsul vitamin A selama 6 bulan berturut-turut baru 69,8%," tandas Yulia.

Kekurangan vitamin A, selain berfungsi pada sistem pengelihatan, diferensiasi sel, pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, dan pencegahan kanker, ternyata juga berfungsi dalam sistem kekebalan.

"Bila kekurangan vitamin A, akan menurunkan kekebalan tubuh sehingga tubuh mudah terinfeksi dan akhirnya dapat meningkatkan angka kesakitan dan kematian", ujar Yulia

Sumber news.okezone.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Banyak sekali cara beribadah. Dan di sini salah satunya"
Bu Dewi Kader dari RT 3

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?