Home Home

Posyandu Indonesia

Kampungku Kelasku: Sebuah Model Pendidikan Alternatif Bagi Anak-anak

Laporan Unicef tahun 2012  menyebutkan bahwa kurang dari 10 juta   (dari 30 juta) anak usia 0-6 tahun di Indonesia yang memiliki akses terhadap program PAUD, dengan mayoritas anak yang tidak terlayani tinggal di daerah pedesaan dan berasal dari keluarga miskin.  Selain itu sumber data yang sama menyebutkan bahwa meskipun keseluruhan angka jumlah anak yang masuk SD cukup tinggi, namun diperkirakan bahwa tahun 2011 2,5 juta anak usia 7-15 tahun di Indonesia tidak sekolah, umumnya putus sekolah pada masa transisi SD ke SMP.

Read more...

 

Inilah Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini!

Anak-anak dalam pergaulannya di sekolah PAUD pasti akan menemui berbagai masalah baru setiap harinya. Hal ini mau tidak mau memaksa anak untuk memecahkannya. Maka anak akan terdorong untuk menggunakan kemampuan otaknya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anak yang sudah terbiasa memecahkan masalah dalam pengajaran PAUD cenderung lebih cerdas dan percaya diri.

Read more...

 

Kesadaran Masyarakat Soal Pendidikan Usia Dini Mengkhawatirkan

Menurutnya, pada tahun 2012 tercatat baru 16,07 persen anak usia 0-6 tahun di seluruh Indonesia yang mengikuti pendidikan anak usia dini atau PAUD. Bahkan di perdesaan tercatat hanya 13,47 persen dan di perkotaan sedikit lebih maju yaitu 18,77 persen. “Perlu komitmen semua pihak termasuk orang tua dan masyarakat dalam membentuk dan mengembangkan pendidikan anak usia dini,” pungkas mantan Ketua Kowani itu. Linda menambahkan, khusus untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.

Read more...

 

Salah Kaprah Pendidikan Anak !

Salah kaprah ini terus berlanjut ketika sang anak harus mengikuti tes/ujian masuk SD (Sekolah Dasar). Cukup banyak SD favorit yang menyaring calon siswa dengan menguji kemampuan baca-tulisnya. Seolah hendak mengatakan bahwa syarat masuk SD tersebut adalah sudah lancar baca-tulis. Sehingga guru SD Klas 1 nanti tak perlu repot-repot mengajari peserta didik baca dan tulis. Padahal orang tua menyekolahkan anak ke SD adalah supaya anaknya diajari baca dan tulis.

 

Read more...

 

2020, Anak Indonesia Wajib PAUD

2020-anak-indonesia-wajib-paudTujuan implementasi PAUD sendiri sebenarnya membangun potensi intelektual anak. Terutama untuk bekal jenjang pendidikan berikutnya. Karena itu, pemerintah juga akan menjamin terkait pelaksanaan PAUD. Termasuk soal perluasan sarana dan prasarana.

 

Read more...

 

Main Game 1 Jam Sehari Baik Untuk Kesehatan Anak, Menurut Peneliti

game-meningkatkan-kesehatan-anakHasil penelitian terbaru menyatakan bahwa dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain video game, anak-anak yang bermain video game kurang dari 1 jam sehari ternyata memiliki skor yang lebih baik berdasarkan tes kesehatan mental dan sosial.

 

 

Read more...

 

Usianya Sudah 15 Bulan, Tapi Kok Masih Belum Bisa Bicara?

usia-15-bulan-belum-bicaraUmumnya di usia 15 bulan, si kecil sudah bisa mengucapkan sekitar 10 kata tunggal dan mampu menirukan beberapa kata baru. Dan di usia 18 bulan dia telah memahami dan mampu menggunakan sekitar 50 kata. Dan kalau sampai usia 2 tahun dia belum bisa bicara juga, maka bunda bisa mempertimbangkan untuk menjalani terapi wicara.

 

 

Last Updated (Saturday, 09 August 2014 01:49)

Read more...

 

Ingin Punya Anak Cerdas? Ayah dan Ibu Perlu Lakukan Terapi Sentuhan

ingin-punya-anak-cerdasAnak yang mendapat sentuhan fisik akan memiliki IQ, EQ, dan SQ yang lebih baik. Seberapapun kualitas otak, kalau dengan sentuhan yang tepat, maka kualitasnya akan lebih baik.

 

 

 

Read more...

 

Tekan Kematian Ibu, Kader Posyandu Diharap Bisa Kenali Kehamilan Berisiko

kenali-kehamilan-beresiko"Kalau sudah tahu mana yang berisiko, karena terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering melahirkan, terlalu rapat jarak kehamilannya, atau karena punya penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya ini yang perlu dipantau," kata Nafsiah.

 

 

Read more...

 

4 Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

pola-asuh-orangtua-terhadap-anakSebagai orang tua pasti menginginkan anak-anaknya memiliki kepribadian yang baik, mandiri dan mempunyai perilaku yang baik. Setiap orang tua memiliki pola asuh yang berbeda untuk diterapkan kepada anak-anaknya.Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di rumah terhadap anak-anaknya akan mempengaruhi perilaku dan kepribadian anak hingga saat dewasa. Pendidikan yang terbaik bagi anak adalah di rumah dari kedua orang tuanya.

 

Read more...

 

Tahun Ini, Seluruh Posyandu Dapat Bantuan

Sebagai ujung tombak pelayanan, tentu juga memerlukan dana operasional yang layak, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada warga jadi lebih optimal. Dalam satu tahun akan ada tiga kali pertemuan untuk membagikan dana operasional tersebut. Selain itu, pertemuan tersebut juga akan memberikan gambaran mengenai program utama posyandu kedepan.

 

Read more...

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

"Tentu saja bukan sekedar iseng. Ini satu panggilan yang sangat menyenangkan"
Bu Ida Kader dari RT 2

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?