Home Home

Posyandu Indonesia

Trik Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

trik-agar-bayi-tidur-nyenyak-di-malam-hariDi malam hari, umumnya bayi terbangun setiap dua jam sekali. Bagi para orangtua baru, hal ini mengakibatkan kurang tidur yang pada akhirnya menyebabkan stres.

Read more...

 

Merawat Anak yang Rewel Ketika Sakit

merawat-anak-yang-rewel-ketika-sakitNamun emosi bukanlah sebuah sikap yang bijaksana dan solusi tepat untuk menghadapi anak yang rewel, justru apabila emosi kita terpancing maka buah hati kita akan menjadi semakin rewel. Tentu seorang anak tidak ada yang bermaksud untuk membuat kita jengkel. Akan tetapi mungkin itulah cara anak mengekspresikan apa yang dirasakannya dan mengungkapkan keinginannya.

Read more...

 

Konsep Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat Tekan Kekerasan Terhadap Anak

konsep-perlindungan-anak-berbasis-masyarakat-tekan-kekerasan-terhadap-anakPlan telah mendorong pembentukan Kelompok Perlindungan Anak Desa (KPAD) di 235 desa di delapan kabupaten dan satu wilayah perkotaan, yakni Surabaya. Melalui KPAD, masyarakat di tingkat desa, termasuk anak-anak, diberikan pelatihan tentang perlindungan anak. Dengan demikian, orang tua dan aparat pemerintahan lokal lebih sensitif mendeteksi adanya potensi kekerasan di lingkungannya.

Read more...

 

Strategi Pembelajaran Paud

strategi-pembelajaran-paudStrategi permainan. Banyak sekali permainan anak yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang baik untuk anak usia dini. Seorang tenaga pendidik dalam hal ini harus selektif dalam memilihkan jenis permainan anak yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Read more...

 

Kampungku Kelasku: Sebuah Model Pendidikan Alternatif Bagi Anak-anak

Laporan Unicef tahun 2012  menyebutkan bahwa kurang dari 10 juta   (dari 30 juta) anak usia 0-6 tahun di Indonesia yang memiliki akses terhadap program PAUD, dengan mayoritas anak yang tidak terlayani tinggal di daerah pedesaan dan berasal dari keluarga miskin.  Selain itu sumber data yang sama menyebutkan bahwa meskipun keseluruhan angka jumlah anak yang masuk SD cukup tinggi, namun diperkirakan bahwa tahun 2011 2,5 juta anak usia 7-15 tahun di Indonesia tidak sekolah, umumnya putus sekolah pada masa transisi SD ke SMP.

Read more...

 

Inilah Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini!

Anak-anak dalam pergaulannya di sekolah PAUD pasti akan menemui berbagai masalah baru setiap harinya. Hal ini mau tidak mau memaksa anak untuk memecahkannya. Maka anak akan terdorong untuk menggunakan kemampuan otaknya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anak yang sudah terbiasa memecahkan masalah dalam pengajaran PAUD cenderung lebih cerdas dan percaya diri.

Read more...

 

Kesadaran Masyarakat Soal Pendidikan Usia Dini Mengkhawatirkan

Menurutnya, pada tahun 2012 tercatat baru 16,07 persen anak usia 0-6 tahun di seluruh Indonesia yang mengikuti pendidikan anak usia dini atau PAUD. Bahkan di perdesaan tercatat hanya 13,47 persen dan di perkotaan sedikit lebih maju yaitu 18,77 persen. “Perlu komitmen semua pihak termasuk orang tua dan masyarakat dalam membentuk dan mengembangkan pendidikan anak usia dini,” pungkas mantan Ketua Kowani itu. Linda menambahkan, khusus untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di sekolah.

Read more...

 

Salah Kaprah Pendidikan Anak !

Salah kaprah ini terus berlanjut ketika sang anak harus mengikuti tes/ujian masuk SD (Sekolah Dasar). Cukup banyak SD favorit yang menyaring calon siswa dengan menguji kemampuan baca-tulisnya. Seolah hendak mengatakan bahwa syarat masuk SD tersebut adalah sudah lancar baca-tulis. Sehingga guru SD Klas 1 nanti tak perlu repot-repot mengajari peserta didik baca dan tulis. Padahal orang tua menyekolahkan anak ke SD adalah supaya anaknya diajari baca dan tulis.

 

Read more...

 

2020, Anak Indonesia Wajib PAUD

2020-anak-indonesia-wajib-paudTujuan implementasi PAUD sendiri sebenarnya membangun potensi intelektual anak. Terutama untuk bekal jenjang pendidikan berikutnya. Karena itu, pemerintah juga akan menjamin terkait pelaksanaan PAUD. Termasuk soal perluasan sarana dan prasarana.

 

Read more...

 

Main Game 1 Jam Sehari Baik Untuk Kesehatan Anak, Menurut Peneliti

game-meningkatkan-kesehatan-anakHasil penelitian terbaru menyatakan bahwa dibandingkan dengan anak-anak yang tidak bermain video game, anak-anak yang bermain video game kurang dari 1 jam sehari ternyata memiliki skor yang lebih baik berdasarkan tes kesehatan mental dan sosial.

 

 

Read more...

 

Usianya Sudah 15 Bulan, Tapi Kok Masih Belum Bisa Bicara?

usia-15-bulan-belum-bicaraUmumnya di usia 15 bulan, si kecil sudah bisa mengucapkan sekitar 10 kata tunggal dan mampu menirukan beberapa kata baru. Dan di usia 18 bulan dia telah memahami dan mampu menggunakan sekitar 50 kata. Dan kalau sampai usia 2 tahun dia belum bisa bicara juga, maka bunda bisa mempertimbangkan untuk menjalani terapi wicara.

 

 

Last Updated (Saturday, 09 August 2014 01:49)

Read more...

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?