Home Keluarga Berencana Pil KB pengaruhi pola daya ingat

Pil KB pengaruhi pola daya ingat

 

 

Pil kontrasepsi atau pil KB, memiliki efek samping yang cukup luas pada tubuh perempuan. Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa pil KB dapat merubah pola daya ingat atau memori tubuh.

Ada dua jenis daya ingat tubuh pada manusia, daya ingat logika dan daya ingat emosional. Daya ingat logika membantu manusia untuk mengingat fakta yang terkait dengan otak bagian kanan.

Sementara kemampuan untuk mengingat hal yang detil dikerjakan oleh otak bagian kiri. Penelitian juga membuktikan bahwa kaum laki-laki lebih banyak mengingat fakta dan runtutan kejadian secara teratur dibandingkan dengan detil.

Sebaliknya, perempuan lebih banyak mengingat detil sebuah kejadian.

Saat perempuan meminum pil kontrasepsi, tipe memori yang dimiliki perempuan juga mengalami perubahan menjadi serupa dengan memori kaum pria.

Perempuan menjadi lebih baik dalam mengingat fakta dan runtutan kejadian dibandingkan dengan detil, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

Peneliti dari University of California, Shawn Nielsen, menduga bahwa pil kontrasepsi dapat mengubah memori manusia.

Ia melakukan tes terhadap sekelompok perempuan yang diperlihatkan sebuah video mengenai kecelakaan.

Perempuan yang rutin mengkonsumsi pil kontrasepsi dapat mengingat dengan jelas runtut kejadian di dalam video tersebut. Sementara perempuan yang tidak mengkonsumsi pil kontrasepsi hanya mampu mengingat menit-menit terakhir kejadian serta detil seperti wana pakaian yang dikenakan korban.

Seringkali dikatakan bahwa perempuan memiliki sifat emosional yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Perbedaan ini disebabkan oleh efek hormonal. Saat mengalami peristiwa emosional, hormon estrogen dan progesteron perempuan mengalami peningkatan tajam. Inilah alasan perempuan lebih baik dalam mengingat detil yang tidak penting dibandingkan dengan pria.

Pil kontrasepsi menahan produksi hormon estrogen dan progesteron, sehingga ovulasi dapat ditekan dan menghindari kehamilan. Inilah yang menyebabkan perpektif daya ingat perempuan lantas mengalami perubahan.

Namun, ini bukan berarti perempuan yang meminum pil hormon mengalami ketidakseimbangan memori. Perubahan daya ingat akibat pil kontrasepsi ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
(M048)

Editor: Ella Syafputri

Sumber: antaranews.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasanya ingin kembali menjadi Balita. Polos ... apa adanya ... tanpa beban"
Bu Anto Kader dari RT 1

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?