Home Keluarga Berencana Posyandu Tumbuh Subur Di Tanjungpinang

Posyandu Tumbuh Subur Di Tanjungpinang

Posyandu tumbuh subur di Tanjungpinang, mulai tahun 2002-2012 sudah ada 145 posyandu, yang terdiri dari 121 posyandu balita, 24 posyandu lansia dengan strata posyandu pratama 2 buah, posyandu madya 49 buah, posyandu purnama 53 buah dan posyandu mandiri 17 buah dengan kader sebanyak 684 orang. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang H. Ahmad Yani, S.Sos, MM, M.Kes pada acara penyerahan biaya opersional posyandu se-kota Tanjungpinang tahun 2012.


Besar bantuan yang diberikan untuk 145 posyandu  yang tediri dari insentif kader sebesar 145.000.000,- transportasi pendataan balita dan lansia 29.000.000,- transportasi kader untuk sweeping posyandu 217.800.000,- selain itu juga ada bantuan untuk biaya cetak dan penggandaan.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pada awal kota otonom berdiri jumlah posyandu di Kota Tanjungpinang hanya 2 buah dan sekarang sudah bertambah. Selain itu selain serapan APBD Kota Tanjungpinang dipergunakan untuk pembangunan gedung juga  dipergunakan untuk memenuhi berbagaimacam kebutuhan posyandu seperti tempat tidur periksa, timbangan bayi non elektronik, weig sclae, meja ½ biro, kursi plastik, tensimeter digital, alat ukur darah, stik gula darah, stik kolesterol, lemari arsip, alat tulis kantor posyandu, alat permainan edukasi, rehab posyandu, transportasi pendataan balita, insentif kader. Besaran permintaan tergantung proposal yang dajukan masing-masing posyandu, direkap puskesmas dan disampaikan ke Dinas kesehatan untuk diajukan dalam APBD sesuai peraturan yang berlaku.

Ia menambahkan posyandu merupakan wadah untuk mendapatkan pelayanan dasar terutama dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana yang dikelola oleh masyarakat, penyelenggaraannya dilaksanakan oleh kader.. Kader posyandu merupakan perwujudan peran serta aktif dalam pelayanan terpadu yang merupakan masyarakat setempat yang dipilih oleh masyarakat dan dapat bekerja secara sukarela.

Sementara itu Walikota Tanjungpinang Dra. Hj. Suryatati A manan menyampaikan bahwa memang nampak perkembangan yang cukup pesat terhadap pembangunan pos yandu dibandingkan sebelum kota otonom terbentuk dengan kota otonom berdiri hingga sekarang. Kader posyandu memiliki peran besar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, terutama dalam hal yang berkaitan dengan balita. Ia mencontohkan bagaimana pentingnya memberikan asi eklusif kepala bayi dari baru lahir hingga usia 6 bulan. Dengan asi eklusif tersebut akan tumbuh sdm yang berkualitas sebagaimana yang diharapkan.***

Sumber: tanjungpinangkota.go.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?