Home Keluarga Berencana Kontrasepsi Jangka Panjang Bisa Cegah Kehamilan Tak Terduga

Kontrasepsi Jangka Panjang Bisa Cegah Kehamilan Tak Terduga

 

 

Kontrasepsi Jangka Panjang Bisa Cegah Kehamilan Tak Terduga

Kehamilan tak terduga yang terjadi setelah melahirkan anak pertama bisa dicegah. Caranya, segera gunakan kontrasepsi jangka panjang setelah melahirkan anak pertama.

Joseph E Potter, peneliti dari Population Research Center, University of Texas, Austin, mengatakan sebagian besar kehamilan tak terduga terjadi karena salah paham soal metode kontrasepsi. Kontrasepsi jangka pendek seperti kondom dan pil diklaim lebih murah daripada kontrasepsi jangka panjang seperti IUD dan implan.

"Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Ibu yang merencanakan menunda kehamilan dengan kondom dan pil hormon akan lebih cepat meninggalkan metode itu karena kehabisan biaya, yang berujung pada kehamilan tak terduga anak kedua," ungkap Potter, dikutip dari Reuters, Kamis (14/1/2016).

Penelitian Potter dilakukan kepada 403 wanita yang melahirkan di Rumah Sakit Austin pada tahun 2012. Semua partisipan mengaku ingin menunda memiliki anak kedua minimal dua tahun. Interview dilakukan setiap 3, 6, 9, 12, 18 dan 24 bulan kemudian.

Setelah 6 bulan, ditemukan bahwa dua pertiga dari partisipan tidak lagi menggunakan kontrasepsi. Hampir seluruh wanita yang berhenti menggunakan kontrasepsi sebelumnya menggunakan kondom dan pil.

Total ada 77 kehamilan yang terjadi dari seluruh partisipan. Semua kehamilan terjadi pada wanita yang mengunakan kontrasepsi jangka pendek. Sementara wanita yang menggunakan kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, implan dan vasektomi tidak mengalami kehamilan.

Heike Thiel de Bocanegra dari Bixby Center for Global Reproductive Health, University of California mengatakan kehamilan tak terduga menyimpan ragam masalah kesehatan. Jarak anak lahir terlalu dekat bisa menyebabkan masalah kesehatan tak hanya pada ibu, namun juga pada sang anak.

"Penelitian ini membuktikan bahwa kontrasepsi yang paling tepat untuk mencegah kehamilan tak terduga adalah kontrasepsi jangka panjang, bukan jangka pendek seperti kondom dan pil," paparnya.

Sumber: health.detik.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasanya ingin kembali menjadi Balita. Polos ... apa adanya ... tanpa beban"
Bu Anto Kader dari RT 1

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?