Home KDRT - Human Trafficking Tinggi, Kasus Hukum Melibatkan Anak di Bawah Umur

Tinggi, Kasus Hukum Melibatkan Anak di Bawah Umur

 

Kasus hukum yang melibatkan anak-anak di bawah umur di Kabupaten Purworejo ternyata cukup tinggi. Jumlah kasus yang ditangani Polres Purworejo mulai Januari hingga Agustus 2012 mencapai 23 kasus. Sementara kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang terjadi pada April 2012 hanya dua kasus.

"Kasus yang naik ke penyidikan polisi, untuk KDRT sebanyak dua kasus pada April 2012. Namun yang tidak dilaporkan banyak. Korban sangat diharapkan agar lapor ke Polres bila terjadi KDRT," ujar KBO Satbinmas Polres Purworejo Iptu Suprihadi saat menyampaikan materi pada Pelatihan Pendamping Masyarakat bagi Komunitas yang diselenggarakan oleh LSM Mitra Wacana Cabang Purworejo di aula Panti Wiloso.

Menurut Suprihadi, masyarakat sebenarnya dapat terbantu oleh petugas kepolisian bila suatu saat mengalami musibah asal melapor ke polisi. Sayangnya banyak kasus KDRT yang sudah terselesaikan di tingkat keluarga, bahkan terkadang banyak korban yang tidak berani melapor.

Sementara itu pembicara lain Elizabet Raharjo dari LPH YAPHI mengatakan, siapa saja dapat menjadi paralegal, yakni orang yang bukan advolat namun memiliki pengetahuan di bidang hukum yang berperan membantu masyarakat mencari keadilan.

"Untuk menjadi paralegal tidak perlu kuliah hukum. Hanya ada tiga syarat untuk bisa dipenuhi yakni memiliki pengetahuan hukum dan hukum acaranya, memperoleh supervisi dari advokat, dan mengikuti kursus paralegal," ujar Elizabeth.

Ditambahkan Elizabeth, tugas paralegal menginformasikan kepada korban akan haknya untuk mendapatkan seorang atau beberapa orang pendamping. Selain itu tugasnya mendampingi korban di tingkat penyidikan, penuntutan, atau tingkatan pemeriksaan pengadilan dengan membimbing korban untuk secara objektif dan lengkap memaparkan KDRT yang dialaminya.

"Termasuk mendengarkan seara empati segala penuturan korban sehingga korban merasa aman didampingi oleh pendamping. Selain itu juga memberikan dengan aktif penguatan secara psikologis dan fisik kepada korban KDRT," tandasnya.

 

Sumber:   suaramerdeka.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

"Tentu saja bukan sekedar iseng. Ini satu panggilan yang sangat menyenangkan"
Bu Ida Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?