Home KDRT - Human Trafficking Polisi Cenderung Tak Menahan Pelaku dalam Kasus KDRT

Polisi Cenderung Tak Menahan Pelaku dalam Kasus KDRT

 

Penanganan laporan kasus kekerasan dalam rumah tangga di kepolisian dilakukan dengan memfasilitasi pasangan tersebut. Kasubbag Humas Polresta Yogyakarta Iptu Haryanto menegaskan, polisi sejauh ini tidak melakukan penahanan terhadap terlapor atau pelaku kekerasan yang dilaporkan korban.

Seperti yang terjadi antara pasangan Yulianti dan Wardono, warga Gedongkuning, kepolisian menyerahkan penanganannya ke bagian unit perempuan dan anak (PPA). Begitu menerima laporan Yulianti sebagai korban, polisi unit PPA akan ukeduanya untuk berembuk.

Hal itu diterapkan agar keduanya saling menemukan solusi atas permasalahannya. "Kalau ditahan, justru akan terjadi perceraian. Jadi selama ini tidak melakukan penahanan," ungkap Iptu Haryanto, Selasa (4/9/2012).

Dalam hal itu, menurutnya, bukan berarti polisi menyarankan agar keduanya rujuk kembali. Namun pada kenyataannya pasangan yang bermasalah itu selalu berdamai kembali. Fasilitasi oleh kepolisian unit PPA, menurutnya, sebagai ruang bagi pasangan yang terlibat masalah itu untuk saling bicara tanpa campur tangan pihak lain. Menurutnya, itu artinya bahwa keputusan untuk berdamai atau akan bercerai merupakan kesepakatan keduanya setelah saling berselisih

 

Sumber:  jogja.tribunnews.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?