Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Tips Tetap Nyaman Bekerja Saat Hamil Tua
Home Kehamilan Saat Kehamilan Tips Tetap Nyaman Bekerja Saat Hamil Tua

Tips Tetap Nyaman Bekerja Saat Hamil Tua

 

 



Ketika kehamilan sudah memasuki trimester ketiga atau tujuh bulan, perubahan pun terjadi pada tubuh Anda. Selain perut yang semakin membesar, kaki dan tangan pun mulai membengkak. Anda juga jadi cepat sakit punggung.

 

Segala hal di atas tentu bisa membuat Anda yang harus tetap bekerja saat hamil. Bagaimana mengatasinya? Apa saja yang harus dilakukan saat kehamilan sudah semakin membesar?

Dikutip dari babycenter, berikut ini saran dari para ibu yang sudah sukses melalui masa-masa tersebut:

1. Bicaralah dengan rekan kerja dan atasan tentang kondisi Anda di bulan-bulan terakhir kehamilan ini. Katakan kalau Anda mungkin saja perlu istirahat sebentar saat merasakan nyeri di punggung dan tidak bisa berdiri lama-lama. Komunikasi ini perlu dilakukan, agar Anda tidak dianggap seenaknya sendiri saat tiba-tiba menghilang dari ruang kerja.

2. Buat ruang kerja senyaman mungkin. Misalnya saja dengan membawa bantal untuk menyangga punggung. Anda juga perlu membawa bantal panas portable atau bantal pijat untuk meredakan nyeri punggung yang terkadang datang.

3. Jika Anda harus mengangkat sesuatu, gunakan lutut Anda, bukan membungkuk. Jangan ragu untuk meminta bantuan rekan kerja jika memang barang yang akan diambil itu menyulitkan.

4. Gunakan pakaian yang nyaman. Misalnya saja dress atau kemeja longgar. Baju yang terlalu ketat bisa membuat Anda merasa sesak. Untuk sepatu, sebaiknya pakailah sepatu yang haknya tidak terlalu tinggi. Hal ini agar Anda tidak semakin merasakan nyeri pada betis dan telapak kaki.

5. Jika dalam bekerja Anda terlalu banyak duduk, usahakan melakukan peregangan setiap beberapa jam. Saat istirahat, jika memang tidak terlalu lelah, banyaklah bergerak.

6. Jangan takut untuk meminta izin pada atasan soal jadwal kerja agar lebih fleksibel dengan kondisi Anda. Jadwal kerja ini berlaku menjelang Anda melahirkan, untuk berjaga-jaga siapa tahu ternyata Anda merasakan kontraksi saat di kantor.

7. Kalau memang istirahat di akhir pekan tidak cukup, Anda sebaiknya mengajukan izin atau cuti di hari kerja. Hal ini berlaku untuk Anda yang di trimester ketiga kehamilan justru sering merasa sakit dan cepat lelah. Saat di rumah, cobalah untuk rileks dan lepaskan segala stres urusan pekerjaan.

8. Membawa iPod atau MP3 Player untuk mendengarkan musik favorit, bisa jadi solusi jitu untuk membuat diri Anda rileks.

9. Mulailah memilih rekan kerja yang bisa menggantikan tugas Anda selama Anda cuti melahirkan atau ternyata harus cuti lebih cepat dari perkiraan. Tulis semua pesan apa saja yang harus dikerjakannya. Lakukan ini sejak jauh-jauh hari, jadi saat Anda harus cuti tiba-tiba, segala sesuatunya sudah siap.

10. Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih. Hal ini berguna untuk mengatasi kram dan rasa sakit yang sering datang saat kehamilan memasuki trimester ketiga. Sediakan juga snack yang sehat untuk camilan saat Anda lapar.

Sumber: yepiaddianto.blogspot.com/

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mens sana in corpore sano ... di sinilah pembentukan manusia dan SDM unggul dimulai"
Bu Ratih Ketua Pos Yandu TTC

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?