Home Kehamilan Saat Kehamilan Kondisi Rambut Saat Hamil

Kondisi Rambut Saat Hamil

 

 

Benarkah kehamilan membuat rambut Mommies rontok dan cenderung menipis? Hal itu memang bisa terjadi karena begitu banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh Mommies yang juga memberikan dampak atau efek terhadap rambut Mommies. Tapi, beberapa Mommies juga banyak yang merasakan kebalikannya, rambut mereka justru cenderung semakin berisi dan tebal saat menjalani kehamilan.

Sebenarnya, proses apa yang terjadi? Rambut kit memiliki tiga tahap dalam pertumbuhannya. Tahap pertumbuhan awal, tahap rambut stabil, dan kemudian tahap rambut rontok. Terkadang, karena perubahan hormon saat kehamilan, rambut Mommies mengalami tahap pertumbuhan lebih lama, hal ini menyebabkan rambut serasa lebih tebal dan lebih penuh daripada sebelum kehamilan. Biasanya juga membuat rambut lebih bercahaya atau terlihat lebih bagus.

Tapi proses tersebut umumnya hanya berlangsung sampai bulan ketiga sampai keempat kehamilan. Setelah itu, pertumbuhan rambut kembali normal seperti biasanya, dan membuat Mommies mulai merasa rambut menjadi tipis kembali. 90% rambut Mommies berada di dalam siklus pertumbuhan, dan 10% sisanya ada dalam masa stabil dan masa rontok. Begitu seterusnya setiap helai rambut akan mengalami masa pergantian, dari tumbuh, kemudian stabil, dan akhirnya rontok berganti dengan rambut yang baru.

Bagaimana dengan mengecat rambut saat mengalami kehamilan? Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang memastikan efek dari pengecatan rambut ke janin Mommies. Tapi, mau tidak mau, kita semua tahu bahwa pengecatan rambut menggunakan bahan-bahan kimia yang memiliki kemungkinan untuk terserap masuk melalui kulit kepala Mommies. Sehingga banyak ahli, sampai saat ini masih menyarankan agar Mommies tidak melakukan cat rambut saat kehamilan, dan lebih baik menundanya sampai melahirkan. Toh, di sisi yang lain, mengecat rambut bukanlah sesuatu hal yang terlalu penting dan harus dilakukan, melainkan masih bisa ditunda demi menghindari kemungkinan-kemungkinan kecil yang tidak diinginkan terjadi kepada calon sang buah hati Mommies.

 

Sumber: bettermomtoday.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?