Home KB Kontrasepsi Pengontrolan Kelahiran - Kontrasepsi

Pengontrolan Kelahiran - Kontrasepsi

 

Pengontrolan Kelahiran

1. Penghentian kemungkinan kehamilan

a. Kastrasi

Yaitu pengangkatan gonad (testis atau ovarium) melalui operasi. Kastrasi sebelum pubertas menyebabkan seseorang kehilangan tanda-tanda sex sekundernya.

b. Sterilisasi

Sterilisasi dilakukan dengan:

- Pada pria mengikat/memotong saluran vas deferens dikenal dengan istilah vasektomi. Orang-orang yang telah melakukan vasektomi, sekresi hormon-hormon seks, produksi sperma dan potensi melakukan hubungan seksual tetap berjalan normal, hanya cairan ejakulasinya tidak mengandung sperma.

vasectomy

Gambar 1. Vasektomi

Pada wanita mengikat/memotong tuba fallopii dikenal dengan istilah tubektomi.


tubektomi
Gambar 2. Tubektomi


2. Kontrasepsi

Kontrasepsi adalah suatu cara yang bertujuan mencegah terjadinya pembuahan sel telur oleh spermatozoid. Terdapat beberapa metode, antara lain:

a. Cara alamiah

Dengan cara tidak melakukan koitus pada masa subur wanita (hari 12 – 16 siklus haid). Cara ini dikenal dengan nama sistem kalender atau abstinensi. Sistem kalender dihubungkan dengan daur menstruasi.

bloh-kalender-ibu-1

Tabel Cara menunda kehamilan




b. Cara kimiawi

Mencegah pertemuan ovum dengan spermatozoa, dilakukan dengan memasukkan zat-zat kimiawi, misalnya : jelly, busa, tablet, cream, dll. Selain itu ada juga dengan cara meminum pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron.

c. Cara mekanis


Cara ini meliputi pemakaian kondom pada pria dan diapragma pada wanita. Cara lainnya ialah IUD (Intra Uterum Device). IUD terbuat dari plastik atau metal, berbentuk T, Y, spiral, dsb. IUD diletakkan dalam rongga rahim untuk suatu jangka waktu dengan efek menghindarkan kehamilan.


kondom
Gambar 3. Kondom

 

diafragma

Gambar 4. Diapragma

 

IUD

Gambar 5. IUD

 spirale

Gambar 6. Spiral

Sumber: intanriani.wordpress.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

ANDA ingin mempunyai Web baik untuk Web Usaha maupun Pribadi?

Kami siap membantu mulai Pembutan Web maupun Mengajarkan Pengoperasionalannya dengan biaya yang sangat murah. Selain itu kami juga bisa membuatkan animasi-animasi sederhana seperti yang kami contohkan di Web posyandu.org ini. Biaya 1 animasi hanya Rp 25.000. Seluruh(100%) hasil/pendapatan pembuatan Web dan Animasi digunakan untuk operasional pembiayaan Posyandu TTC.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?