Home Kesehatan Kanker & Diabetes Pada Anak Kasus Kanker Anak Semakin Menonjol

Kasus Kanker Anak Semakin Menonjol

 


Kasus kanker pada anak semakin menonjol. Di Pusat Pengembangan Paliatif dan Bebas Nyeri RSU dr Soetomo-Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, setidaknya 60-100 pasien anak dirawat karena kanker. Usianya bervariasi, bahkan masih di bawah 1 tahun.


Prof dr Netty Ratna H Tejawinata Sp.AK.,PGD.,Pall Med Ahli Paliatif menatakan kasus kanker terbanyak yang dialami anak adalah leukimia dan limfoma. Keduanya merupakan kanker terganas.

"Leukimia dan limfoma itu 70 persen dialami anak. Sisanya kanker lain seperti ginjal, hati. Ada tapi jumlahnya sedikit," ujarnya dalam Penyuluhan Paliatif Bagi Kader Posyandu di Jawa Timur, Selasa (20/12/2011).

Meski termasuk ganas, tapi angka kesembuhannya tinggi. Bahkan respon terhadap kemoterapi leukimia dan limfoma pun baik. Hanya saja, diakui Netty, banyak hambatan dalam pelaksanaan perawatan paliatif pada anak.

Padahal perawatan paliatif perlu diberikan untuk memberikan kualitas hidup terbaik bagi penderita. Mereka bisa mendapat perawatan holistik pada stadium manapun dari penyakitnya.

Dijelaskan Netty, sejumlah hambatan perawatan paliatif pada anak dipengaruhi kurangnya pelatihan paliatif anak bagi dokter dan perawatan. "Perawatan paliatif itu mencakup kebutuhan psikologis, spiritual, breaking bad news dan bicara tentang kematian," lanjutnya.

Dokter atau pelaksana kesehatan juga seringkali merasa gagal bila menghentikan upaya kuratif. Mereka juga terkadang tidak memahami gejala pada bayi dan anak yang menderita kanker.

Sebaiknya, perawatan paliatif anak dibedakan dengan paliatif dewasa. Ini karena terdapat perbedaan antara dewasa dan anak. Selain jenis kanker yang berbeda, kebutuhan medis dan psikologis anak lebih unik. Itulah kenapa penting untuk memberikan perawatan paliatif khusus pada anak.

 

Sumber: suarasurabaya.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?