Home Kesehatan Kanker & Diabetes Pada Anak Makanan yang cocok untuk anak diabetes

Makanan yang cocok untuk anak diabetes

Anak dengan gangguan kesehatan diabetes sering tidak mempunyai banyak pilihan untuk makanan yang dikonsumsinya. Orang tua terutama ibu terkadang juga merasa khawatir dan bingung ketika memilih hidangan / makanan untuk anaknya.

Namun, beberapa dokter mengatakan jika diet untuk penderita diabetes tak selalu harus ketat. Cara terbaik adalah mempelajari menu makanan apa saja yang boleh diberikan kepada anak yang menderita gangguan kesehatan diabetes.

Orang tua harus memperhatikan apa yang telah dokter katakan serta mengikuti beberapa petunjuk dengan disiplin, tindakan tersebut mampu untuk membentu anak supaya bisa mengonsumsi dan menikmati menu makanan seperti anak-anak yang lain. Merencanakan pemberian makanan yang tepat merupakan tindakan terbaik untuk anak dengan diabetes. Seperti dilansir dari laman Boldsky berikut ini merupakan 5 jenis makanan terbaik buat anak dengan penderita diabetes.

Pati
Ketika dokter memberikan ijin terhadap anak untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat yang biasanya terdapat pada nasi tersebut dapat diganti dengan pati, pati merupakan sumber protein namun memiliki kandungan gula yang sangat rendah.

Beberapa anak yang biasa mengonsumsi obat diabetes atau insulin lain perlu mememperhatikan tingkat karbohidrat yang ada dalam tubuhnya.

Buah & sayuran
Memberikan asupan makanan yang rendah kadar gula serta rendah lemak terhadap anak yang menderita diabetes merupakan pilihan yang baik. Pemberian buah dan sayuran seperti tomat, jeruk, apel, melon, pisang serta aneka buah berry dan pir merupakan tindakan yang tepat, pemberian Yogurt rendah lemak juga dapat dijadikan menu pilihan dalam memenuhi kebutuhan energi anak dengan diabetes.

Seafood
Pemberian asupan makanan Seafood kepada penderita diabetes dengan cara digoreng bukanlah cara yang sehat. Walaupun makanan laut memiliki kandungan lemak baik, tetapi buat penderita diabetes tetap diharuskan memasak dengan cara yang tepat seperti halnya membakar ikan dengan memberikan lemon di atas panci teflon / anti lengket untuk menghindari kandunga minyak yang berlebih serta memberikan menu tambahan seperti sayuran segar rebus dapat menambah selera makan anak penderita diabetes.

Daging
Memberikan daging rendah lemak merupakan pilihan yang terbaik buat anak dengan diabetes. Pemberian asupan daging ayam tanpa kulit dan tulang serta memberikan sup sayur segar dapat menjadi menu pilihan untuk penderita diabetes, disamping memiliki kandungan lemak yang rendah daging ayam tanpa kulit dan tulang juga mempunyai peranan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Lemak
Guna memenuhi kebutuhan lemak kepada penderita diabetes dapat memilih menu makanan yang memiliki kadar lemak rendah, seperti halnya yogurt, keju, smoothies dan es krim. Untuk dapat menikmati es krim dan susu skim maka sajikan menu tersebut tanpa menambahkan gula supaya anak terhindar jauh dari makanan yang tidak sehat.

 

Sumber:  health.geoklik.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?