Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Sepuluh Persen Kematian Anak Disebabkan Kanker
Home Kesehatan Kanker & Diabetes Pada Anak Sepuluh Persen Kematian Anak Disebabkan Kanker

Sepuluh Persen Kematian Anak Disebabkan Kanker

 

Kanker yang terjadi pada anak patut mendapat perhatian yang serius. Pasalnya, data yang dikeluarkan oleh the Internasional Society of Pediatrics Oncology (SIOP) dan The International Confederation of Childhood Cancer Parent Organizations (ICCCPO) setiap tahun 175 ribu anak-anak di seluruh dunia didiagnosis menderita kanker dan 90 ribu dari mereka akan meninggal karena penyakit tersebut.

Penyakit kanker telah menggerogoti kehidupan anak-anak karena 10 persen kematian anak disebabkan kanker. Namun, bukan berarti penyakit kanker pada anak tidak bisa ditolong.

"Sekitar 4-5 anak menderita kanker setiap 100 ribu anak," ungkap Benson Pau selaku Wakil Ketua ICCCPO, Minggu (22/4), dalam ICCCPO Asia Meeting 2012 di Hotel Sheraton, Yogyakarta.

Kanker pada anak dapat disembuhkan sejauh penyakit tersebut telah ditemukan sangat dini dan diberikan pengobatan serta perawatan yang tepat, termasuk tetap bisa mendapatkan hak belajar dan bermain selama masa perawatan di rumah sakit. Sebanyak 70 persen dari anak penderita kanker dapat disembuhkan apabila didiagnosis secara dini dan dirawat secara tepat.

Benson menambahkan, untuk menanggulangi penyakit kanker pada anak-anak perlu peran serta berbagai pihak, termasuk pemerintah. "Yang terpenting adalah orang tua. Tanpa mereka upaya yang dilakukan tidak akan membantu," ungkapnya.

Pasalnya, di negara-negara berkembang, orang tua kurang berperan karena keterbatasan akses mereka, baik dalam hal pembiayaan, tenaga medis di daerah mereka ataupun peralatan dan obat-obatan yang tersedia.

Untuk itu, sebagai organisasi internasional, pihaknya terus meluaskan jaringan, terutama ke negara-negara berkembang. Dengan langkah tersebut, orang tua anak penderita kanker tersebut bisa mendapatkan akses langsung untuk memperoleh informasi mengenai kanker yang diderita anak mereka. Dengan demikian, lebih banyak lagi anak yang bisa ditolong.

 

Sumber: mediaindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?