Home Kesehatan Penyakit Balita Bayi yang Lahir Caesar Berisiko Tinggi Menderita Asma

Bayi yang Lahir Caesar Berisiko Tinggi Menderita Asma

 

Bayi yang lahir secara caesar lebih rentan mengalami asma dan alergi. Ini disebabkan si bayi kehilangan bug (bakteri) pelindung yang bisa membantunya mencegah dari sejumlah gangguan di masa kecil dan kehidupan selanjutnya.

Demikian peringatan dari sejumlah ilmuwan yang menemukan perbedaan yang signifikan dalam bakteri usus yang ditemukan pada bayi yang lahir melalui operasi caesar dan alami.

Jurnal Canadian Medical Association juga menyebutkan bayi yang diberi susu formula, bukan ASI, juga tidak memiliki bakteri yang mungkin bisa melindunginya.

Para peneliti mengatakan temuan itu bakal meningkatkan keprihatinan tentang efek jangka panjang pada bayi dengan melonjaknya angka kelahiran melalui caesar.

Kelahiran caesar dalam kondisi darurat memang bisa menyelamatkan jiwa. Namun, operasi yang direncanakan diakui lebih berisiko bagi ibu karena bisa mengembangkan komplikasi dan menghabiskan waktu dua kali lebih lama di rumah sakit dibanding ibu yang melahirkan secara alami.

Penelitian terbaru menambahkan keprihatinan soal bahaya yang dihadapi bayi yang lahir secara caesar. Pada penelitian sebelumnya disebutkan bayi yang lahir melalui operasi berada pada risiko dua kali libat mengalami obesitas di masa kanak-kanak, dan risiko terkena diabetes 1 dan asma juga lebih tinggi.

Alasan pastinya belum diketahui, tapi kemungkinan bayi yang lahir dengan operasi kehilangan perubahan fisiologis yang terjadi selama kelahiran termasuk paparan bug yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh saat dewasa.

Studi ini melihat data dari 24 bayi sehat, sebagai bagian dari penelitian yang lebih besar yang dilakukan Canadian Healthy Infant Longitudinal Development. Penelitian ini mewakili bayi Kanada dengan 25 persen yang dilahirkan secara caesar dan 42 persen mendapatkan ASI Ekslusif selama 4 bulan.

Para peneliti menggunakan teknologi sekuensing DNA untuk menyelidiki komposisi bakteri usus pada bayi. Ini merupakan suatu teknik yang memungkinkan deteksi semua bug yang ada di tubuh.

Para peneliti menemukan, bayi yang lahir melalui operasi caesar kekurangan kelompok bakteri tertentu yang ditemukan pada bayi yang lahir secara alami, bahkan jika bayi itu diberikan ASI.

Bayi yang diberikan susu formula dibandingkan dengan bayi ASI juga memperlihatkan perbedaan yang signifikan dalam bakteri usus.

Penulis penelitian Dr Anita Kozyrskyj, dari University of Alberta, menjelaskan, temuan ini sangat tepat untuk menegaskan bahwa mikrobiota usus sebagai organ super dengan peran yang beragam dalam kesehatan dan penyakit.

"Bayi yang lahir melalui persalinan caesar berada pada peningkatan risiko asma, obesitas, dan diabetes 1. Sedangkan menyusui memberikan perlindungan yang bervariasi terhadap gangguan ini dan lainnya," ujarnya seperti dikutip Dailymail, Selasa (12/2/2013).

Peneliti Meghan Azad, dari University of Alberta, temuan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran orangtua dan dokter dalam membuat keputusan caesar serta mendukung menyusui.

"Ini bisa mempengaruhi microbiome usus bayi mereka dan ini bisa memiliki efek seumur hidup bagi kesehatan anak," jelasnya.

Para ahli percaya bahwa bakteri usus berperan dalam merangang sistem kekebalan tubuh. Alasannya, bayi yang lahir melalui operasi caesar tidak terkena bakter menguntungkan dalam jalan lahir, dan mungkin memakan waktu lebih dalam untuk mengumpulkan bug yang baik, yang menunda paparan mikroba yang memulai sistem kekebalan tubuh.

Dr Rob Knight, seorang ilmuwan di University of Colorado, Boulder, Colorado, Amerika Serikat, menjelaskan risiko caesar dan minum susu formula.

"Anak-anak yang lahir dengan persalinan caesar atau minum susu formula mungkin meningkatkan risiko berbagai kondisi di kemudian hari; kedua proses mengubah mikrobiota usus pada bayi yang sehat, yang dapat menjadi mekanisme untuk peningkatan risiko"

 

sUMBER: LIPUTAN6.COM

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?