Home Labu Keberuntungan Labu Keberuntungan (Labu Jackie)

Labu Keberuntungan (Labu Jackie)

 

 

 

Labu sebenarnya ada sekitar 40 jenis. Tetapi banyak dari kita hanya mengenal beberapa jenis saja. Bentuk labu sendiri memang cukup beragam. Secara umum bisa kita jumpai di pasar  tradisional. Labu yang sering kita jumpai tersebut diantaranya labu kuning (Cucurbita moschata), labu air (Lagenaria Siceraria), labu mie, kabucha, Labu Siam (Sechium Edule), Butternut Squash, Courgette (Cucurbita Pepo), Beligo (Benincasa Hispida), Labu Hibrida.  Labu banyak dibudidayakan di daerah tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, India, Sri Lanka, Cina, Afrika dan Amerika Selatan. Di beberapa daerah di Indonesia labu air memiliki nama  khas seperti frangi (melayu), tabu (sumatera utara),kukuk (sunda), Waluh kenti (jawa), labu lente (madura), dan sambiki (manado).

 

 

 

 

Ada jenis labu yang bentuknya cukup unik yaitu labu botol atau yang saat ini lebih dikenal dengan labu Jackie atau labu keberuntungan.  Penyebutan ini tidak terlepas dari  film "Drunken Master" dimana  Jackie Chan sang dewa mabuk saat pertempuran selalu minum arak dari labu botol atau labu keberuntungan tersebut. Labu Jackie sendiri termasuk jenis labu air. Perbedaan yang khas hanya dari bentuknya saja. Menurut  Prof. Dr. Hembing labu memiliki khasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes, dan memperlancar proses pencernaan.


Umumnya dalam 100 gr labu mengandung  34 kal ,1,1 protein, 0,3 lemak, 0,8 mineral, dan 45 mg kalsium. Pada daun dan buahnya mengandung senyawa saponin dan polifenol. Polifenol dan saponin ini merupakan salah satu fito kimia yang mempunyai efek biologi menghambat pertumbuhan kanker, antioksidan, menghambat pertumbuhan mikrobia, menurunkan kolesterol jahat, menurunkan kadar gula darah, bersifat antibiotik dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Labu Jackie selain untuk kebutuhan memasak dipercaya bisa untuk penyembuhan tradisional. Ini terjadi karena labu tersebut mempunyai beberapa sifat misalnya:

Rendah kalori dan lemak. Kandungan lemak dari labu air ini sangat rendah, hanya 0,1 gram dalam 100 gram dan hanya mengandung 15 kalori, namun tinggi serat. Menyediakan banyak vitamin C dan beberapa vitamin B serta mineral (besi, natrium, serta kalium). Karena itu labu Jackie sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet rendah kalori.

 

mencegah strokeEfek pendingin. Karena sebagian besar mengandung air, labu ini bila dimasak bukan hanya mudah dicerna tapi juga bersifat pendingin, menenangkan, dan diuretik. Segelas jus labu air di pagi hari dapat membantu mencegah stroke dan mendinginkan tubuh.

 

 

 

 

 

 

 

 

sembelit, perut kembung, dan wasir.Membantu melawan sembelit. Kandungan kadar serat baik dan mudah dicerna, sehingga membantu menyembuhkan gangguan pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan wasir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

asam urineGangguan kemih. Segelas jus labu ini dicampur dengan satu sendok teh air jeruk nipis. Campuran ini sebagai alkali yang dapat menyembuhkan sensasi terbakar di bagian kemih karena kandungan asam yang tinggi dalam urine.

 

 

 

 

 

 

 

 

Menurunkan berat badanMembantu penurunan berat badan. Karena rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat dan air membuat sayuran ini merupakan makanan yang sangat baik untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan. Konsumsi jus labu jackie pada waktu perut kosong, di pagi hari, dapat membantu menekan rasa lapar Anda.

 

 

 

 

 

 

Mencegah ubanan

Mencegah uban dini. Menurut Ayurveda, minum segelas jus labu Jackie di pagi hari setiap hari bisa sangat berguna untuk mengobati rambut beruban.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sangat bagus untuk kulit

Bermanfaat untuk kulit. Labu air juga baik untuk kondisi kulit, sebagai pembersih kulit dari dalam. Dapat membantu melindungi terhadap berbagai jenis infeksi kulit, seperti jerawat dan penyakit kulit lainnya.

 

 

 

 

 

Sulit tidurInsomnia. Campuran jus labu air dengan minyak wijen sebagai obat yang efektif untuk insomnia. Daun labu air juga bermanfaat dalam pengobatan insomnia. Daun labu air dimasak sebagai sayuran tumis, misalnya.

 

 

 

 

 

 

 

Untuk diabetes dan kelelahanRevitalisasi tubuh. Segelas jus labu air juga dapat mengobati rasa haus saat diare berat, diabetes dan makan makanan berlemak atau gorengan yang berlebihan. Hal ini juga mencegah hilangnya kelebihan natrium, memuaskan rasa haus dan membantu dalam mencegah kelelahan.

 

 

 

 

 

 

Untuk sakit kuning dan radang ginjalLabu Jackie juga dapat membantu menyembuhkan gangguan seperti sakit gigi, sakit kuning, dan radang ginjal.

 

 

 

 

 

 

Keperkasaan lelakiDari mereka yang sudah mencoba, labu ini bisa menambah keperkasaan bagi lelaki. Untuk keperluan ini labu Kackie biasanya dibuat tumis dengan tambahan bawang putih dan lada. Penumisan jangan terlalu matang sehingga masih ada sedikit sara renyah. Selain itu penambahan lada dilakukan saat labu sudah diangkat dari penggorengan.

 

 

 

 

 

Labu merupakan tumbuhan yang relatif mudah ditanam karena mampu beradaptasi terhadap lingkungan baik pada dataran tinggi berhawa dingin maupun dataran rendah berhawa panas. Selain itu tumbuhan ini juga mampu beradaptasi pada kurangnya air pada musim kemarau dan kelebihan air pada musin hujan.

Karena kulitnya yang keras, pada jaman dahulu labu dijadikan peralatan rumahtangga dan dikenal sebagai tanaman budidaya tertua. Sekarang selain untuk sayur yang terkenal sangat sehat, sebagian orang menggunakan labu Jackie sebagai produk seni kerajinan tangan. Apabila Anda cukup kreatif, Anda tentu bisa menbuat peluang dengan bentuk labu Jackie yang unik ini menjadi bisnis seni kerajinan tangan yang menjanjikan.

 

 

resp masakan labu

 

Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?