Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Pengeringan Labu Botol Dalam 5 Hari
Home Labu Keberuntungan Pengeringan Labu Botol Dalam 5 Hari

Pengeringan Labu Botol Dalam 5 Hari

 

Tehnik pengeringan ini dilakukan oleh Gourd Reserve: tetap mengacu pada pembersihan labu botol segar, jadi terlebih dahulu ditaati kriteria pemetikan labu botol agar tidak mendapatkan labu botol kering yang berkerut.

Cara ini digunakan untuk semua jenis labu mini yang biasanya akan kering dalam 2 – 3 hari, sedangkan labu botol dengan berat 1 – 1,5 kilogram dan akan kering dalam waktu 4 – 5 hari.

Setelah selesai membersihkan kulit tipis labu botol, masukkan dalam oven yang ber suhu 175 derajat F (80 derajat Celcius) dan periksalah labu botol ini 1 – 2 kali sehari. Sekali lagi, tergantung seberapa besar labu yang dimasukkan oven akan mempengaruhi seberapa cepat pengeringannya.

Tanda awal dari pengeringan adalah warna permukaan labu yang menjadi lebih terang dan kemudian berubah menjadi lebih cokelat. Bila seluruh permukaan telah berwarna cokelat, ini merupakan pertanda bahwa labu botol sudah kering sempurna.

Faktor kedua yang berpengaruh dalam pengeringan labu ini adalah berat dari labu botol itu sendiri. Labu dengan berat 1 – 1,5 kilogram akan menjadi hanya beberapa ons pada saat kering. Usahakan selalu memeriksa perubahan beratnya sambil sekalian memeriksa apakah sudah benar-benar kering atau belum.

Caranya adalah memegang secara lembut bagian atas labu kemudian di kocok  untuk mendengarkan benih labu botol yang berderak di dalamnya. Bila sudah cukup ringan tetapi tidak terdengar suara benihnya, pukulkan dengan pelan ke tangan yang lain untuk melepaskan benih dari daging buah tempatnya menempel. Bila dengan cara ini tetap tidak terdengar, berarti labu botol belum benar-benar kering.

Dengan mendengar berderaknya benih di dalam, ada kemungkinan  juga labu ini belum benar-benar kering. Tetapi dengan bertambahnya pengalaman, akan bisa diketahui perbedaan suara benih kering dan benih basah. Benih basah akan memberikan suara teredam seperti memukul selimut dan benih kering akan bersuara nyaring.

Cara yang lain untuk memmbantu membedakan adalah dengan membuat catatan perubahan berat labu. Dengan memeriksa labu botol setiap 4 – 6 jam sekali, sambil menimbangnya - berat labu akan semakin berkurang karena penguapan. Kemudian proses penurunan berat ini akan melambat dan kemudian tidak berubah lagi alias berhenti - inilah tandanya penguapan sudah berakhir dan labu siap dikeluarkan dari oven.

Pengeringan adalah sangat penting,terutama bila menggunakan labu botol dalam keadaan utuh untuk pyrography ataupun mengecatnya. Bila belum kering, masih akan timbul penguapan dan ini menimbulkan masalah pada hasil pekerjaan berupa pengelupasan atau bintik-bintik pada hasil karya Anda.

Jadi tunggulah labu botol kering sempurna, baru diolah menjadi bahan kerajinan sesuai ketrampilan yang dimiliki. Bila menghendaki pengeringan labu botol yang lebih cepat lagi, Anda dapat melakukannya hanya dalam waktu 3 hari saja – Bagaimana caranya? Silahkan simak pada Pengeringan Labu Botol Dalam 3 Hari.


Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?