Home Labu Keberuntungan Pengeringan Labu Botol Dengan Pembusukan

Pengeringan Labu Botol Dengan Pembusukan

 

 

Metode ketiga untuk membersihkan labu botol adalah dengan pembusukan. Cangkang dan benih tidak ikut membusuk dengan cara ini, tetapi kulit dan semua yang berada di dalam labu akan membusuk – sehingga  akan mudah sekali untuk mengeluarkan semua isinya.


Keuntungan cara ini sangat  banyak, diantaranya: membersihkan bagian dalam labu sebaik bagian luar labu, produk akhirnya bagus berupa cangkang berwarna terang tanpa adanya gambaran jamur, serta bebas debu! Sisi jeleknya adalah karena timbulnya bau busuk akibat proses pembusukan ini.

Untuk membusukkan labu, persyaratan utama adalah labu botol harus tidak dalam keadaan utuh. Bila masih utuh, yang membusuk hanya kulitnya saja. Jadi, labu botol harus dibuka dengan dibuat lubang atau memotongnya sesuai perencanaan penggunaanya nanti - sehingga pembusukan isi labu juga akan berlangsung secara baik.

Setelah dipotong, keluarkan sebisa mungkin isi labu dan benihnya agar air bisa masuk ke dalamnya. Sebagai tempat merendamnya, bisa digunakan bekas tempat cat gallon besar yang bertutup. Tenggelamkan seluruh labu ke dalam air selama 2 – 3 minggu.  Jangan mengganti airnya selama perendaman ini.

Setelah 3 minggu bersiaplah untuk membersihkan labu botol dengan masker untuk mengurangi bau busuk serta kaos tangan karet. Ingat: proses ini disebut pembusukan karena memang busuk, dan akan keluar bau yang tidak menyenangkan seperti bau septik tank.

Jauhkan dari rumah sewaktu membongkarnya, di halaman belakang atau di ladang dengan menyiapkan air yang mengalir untuk membilas  setelah semua isi dan kulit labu botol yang membusuk dibuang. Bilas dulu labu botolnya dan kemudian rendam lagi selama 2 minggu untuk dilakukan pembusukan tahap kedua.

Tujuan perendaman yang kedua ini selain menghilangkan bau busuk yang tertinggal juga untuk pembusukan tambahan bagi bagian dalam labu yang mungkin masih tertinggal. Bila hanya sekali saja perendamannya, bau busuk yang ditimbulkan akan lama sekali hilang dari labu botol.
Setelah perendaman kedua, keringkan dengan sering membolak-balik labu agar tidak muncul bintik air. Kemudian setelah kering, dimasukkan ke dalam oven.

Kelihatannya sulit ya, padahal sesungguhnya tidak seberat bila membersihkan labu dalam keadaan kering. Hanya dibutuhkan beberapa menit untuk mencuci labu botol dan cara  ini juga bebas debu dan bebas jamur - tetapi pasti: tidak bebas bau!


Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Karena dia ku dapat terenyum .... Dan karena dia ku dapat tertawa. Wajah mungil yang membawa kecerian"
Bu Agnes Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?