Home Labu Keberuntungan Jadilah Desainer Buah Labu Botol

Jadilah Desainer Buah Labu Botol

 

Bila Anda senang ber-eksperimen, inilah saatnya melakukannya untuk mendapatkan buah labu botol yang unik hasil dari persilangan labu botol koleksi Anda .

Persilangan untuk mendapatkan labu botol .
Kreasikan ide Anda untuk mendapatkan bentuk unik dari labu botol ini dengan menyilangkannya. Penyilangan ini tidak akan mengakibatkan perubahan ukuran dan bentuk labu botol yang ditanam. Dalam kata lain, bila menanam jenis Sennari yang kecil, kemudian bunga betinanya diserbukkan dengan serbuk sari dari bunga jantan jenis African Zulu yang besar – ukuran buah yang terbentuk tidak akan berubah. Tetapi benih didalam labu botol Sennari ini akan menumbuhkan bentuk baru atau bermacam-macam bentuk baru.

Bila membiarkan proses persilangan ini terjadi secara alami dari bermacam-macam labu botol, akan mengakibatkan terbentuknya berbagai bentuk dan ukuran labu botol yang aneh-aneh. Bagaimana caranya bila menginginkan bentuk dan ukuran yang spesifik?

Tidak ada aturan yang harus diikuti untuk “menciptakan”  labu botol sesuai keinginan Anda. Tetapi ada beberapa persyaratan pokok yang harus diikuti  untuk diterapkan agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.  Inilah cara untuk mempengaruhi bentuk dan ukuran labu botol (Sumber: Gourd Reserve)

Bentuk labu botol.
Walaupun tanaman jantan tidak selalu mempengaruhi ukuran benih betina, tetapi tanaman jantan akan mempengaruhi bentuk labu botol generasi mendatang. Tanaman betina juga mempunyai pengaruh pada bentuk, oleh karena itu bila berusaha menyilangkannya usahakan ukuran dan bentuk yang hampir sama atau jangan yang sangat jauh berbeda bentuknya dari bentuk yang diinginkan.

Gourd Reserve berhasil menciptakan labu  botol jenis Kettle seberat 0,5 kilogram dengan menyilangkan bunga jantan Kettle dengan Sennari ukuran sedang.

Ukuran labu botol.
Tanaman betina yang diserbukkan mempunyai kecenderungan paling kuat mempengaruhi ukuran labu botol pada generasi mendatang. Cara paling mudah mengingatnya adalah yang mempengaruhi ukuran buah labu botol adalah tanaman betina. Bila menggunakan tanaman betina kecil seperti Sennari, buah labu botol akan kecil dan benihnya juga akan kecil. Benih kecil akan menghasilkan buah labu botol kecil, sebaliknya - benih besar akan menghasilkan buah besar pula. Tanaman betina akan berpengaruh paling besar pada ukuran desain labu botol sedangkan bunga jantan akan mempengaruhi bentuk buahnya.

Disini kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan percobaan ini, tetapi bila seseorang tertarik untuk mendapatkan hasil dari persilangan sesuai yang diinginkan, berikut ini garis besarnya:

Bila menginginkan bentuk yang spesifik seperti labu botol yang sangat besar, ini mungkin dibutuhkan beberapa tahun dengan melakukan pengawasan persilangan dengan ketat. Bila menginginkan labu botol jenis Mexican yang besar, dilakukan dengan menyilangkan bunga jantan Mexican dengan bunga betina Kettle yang beratnya 25 kilogram. Jagalah persilangan ini dengan cara-cara yang pernah ditulis pada penyerbukan buatan labu botol. Untuk tahun mendatang tanam labu botol Mexican lagi sebagai bunga jantan dan silangkan lagi dengan tanaman hasil persilangan pertama untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Sekali mendapatkan bentuk yang diinginkan, jagalah benihnya dengan melakukan penyerbukan buatan secara terus menerus. Selama dalam proses ini lakukan penyerbukan yang selektif dengan mempertimbangkan  bentuk akhir labu botol yang diinginkan. Bila sekali bisa mempertahankan bentuk ini sampai 5 – 7 generasi secara terus menerus berarti persilangan labu botol ini berhasil!



Sumber: naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?