Home Labu Keberuntungan Membersihkan Labu Botol Segar

Membersihkan Labu Botol Segar

 

Keuntungan yang sangat besar akan diperoleh dengan membersihkan labu botol masih dalam keadaan segar dan baru dipetik dari pohon. Ini akan menghasilkan cangkang yang berwarna cerah merata di seluruh bagian labu, sehingga menguntungkan bila  digunakan untuk melukis menggunakan tehnik Pyrography atau pensil berwarna.

Sebelum memetik labu botol dari pohon, pastikan bahwa tanaman menjalar ini sudah benar-benar mati dan gagang dari labu botol ini benar-benar kering – bila tidak resikonya Anda akan kehilangan labu botol. Penyebabnya adalah – bila buah tidak benar-benar tua  dan akan mengkerut bila menggunakan cara ini.

Cara ini sudah dipakai selama lebih dari 10 tahun untuk labu botol yang lebih kecil karena labu yang besar cenderung mengkerut  atau retak – sehingga cara ini tidak direkomendasikan untuk labu botol yang besar. Awalnya proses ini digunakan untuk labu botol dan labu bulat yang beratnya lebih kurang 1,5 kilogram. Ketika Di uji cobakan pada jenis Dipper, labu dengan tangkai kecil dan panjang, hasilnya tangkai ini melekuk ke dalam dan retak. Sehingga dianjurkan untuk bereksperimen sendiri untuk berbagai jenis labu yang berbeda  sampai mengetahui mana yang bisa dikerjakan dengan cara ini dan mana yang tidak.

Pembersihan dengan cara ini tidak sulit tetapi agak membosankan. Alat yang digunakan adalah pisau meja yang bagian tumpulnya atau bila sabar dan hati-hati bisa menggunakan pisau saku yang tajam. Caranya adalah dengan mengiris kulit labu botol ini dengan cara menyisik. Bila menggunakan pisau meja tidak perlu terlalu kawatir akan  merusakkan. Walaupun begitu harus hati-hati dalam membersihkan kulit dari cangkangnya sampai sebersih mungkin.

Penggunaan cara ini pada labu yang lebih kecil tidaklah membutuhkan waktu yang lama, tetapi untuk labu botol yang lebih besar membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi kering. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, setelah membersihkan kulit labu letakkan labu dalam bak cuci dengan air yang mengalir dan dengan pembersih dari logam secara pelan bersihkan lapisan kulit yang masih tersisa sampai permukaan labu terasa halus dan rata.

Sekarang setelah kulit labu botol dibersihkan, untuk mengeringkannya  akan menjadi lebih cepat. Untuk labu botol yang cukup besar kulitnya akan selalu lembab sehingga memudahkan bagi tumbuh dan berkembangnya jamur yang akhirnya akan menimbulkan bintik kotor pada labu. Untuk membersihkannya mudah sekali yaitu dengan mengelap setiap 1 – 2 hari sekali dengan kain lap basah yang berisi campuran larutan pemutih dan air untuk mencegah tumbuhnya jamur. Atau dengan cara kedua yaitu mengeringkan labu botol dalam oven! Ya, letakkan labu botol dalam oven dengan suhu yang hangat saja sekitar 175 derajat Fahreinheit (lebih kurang 80 derajat Celcius).

Labu botol yang kecil akan kering dalam 1 – 2 hari, sedangkan labu yang lebih besar membutuhkan beberapa hari dengan meletakkan dalam oven selama 12 – 18 jam perhari – jadi tidak terus menerus. Dengan pengeringan cara ini, labu botol akan siap untuk dibuat kerajinan tangan dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan ada cara membuat labu botol sejak dipetik sampai bisa digunakan hanya membutuhkan waktu 3 hari atau kurang.

Cara untuk mengetahui labu botol sudah kering atau belum adalah dengan memukulkan labu pelan-pelan ke tangan untuk melepaskan benih dari tempatnya. Sekali terdengar suara berderak-derak di dalamnya – itu tandanya labu botol sudah kering.

Sumber: naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?