Home Labu Keberuntungan Membersihkan Bagian Luar Labu Botol

Membersihkan Bagian Luar Labu Botol

 

 

Cara membersihkan labu botol agar tampak cantik adalah pengetahuan dasar yang harus diketahui bagi para “Gourdmania” di dunia perlabuan. Ini adalah pekerjaan yang sangat mudah, walaupun bagi para pemula sekalipun.

Membersihkan labu botol sebenarnya adalah membersihkan lapisan kulit luar labu yang tipis dan terletak diatas cangkang keras. Dengan hanya melakukan beberapa gosokan ringan akan dengan mudah melepaskannya.

Cara yang paling mudah melepaskan kulit ini adalah dengan merendamnya terlebih dahulu beberapa waktu dalam air hangat dengan sedikit tambahan sabun deterjen. Pertama isi bak cuci atau ember besar dengan air hangat dan deterjen, kemudian masukkan labu botol ke dalamnya. Handuk / lap yang bersih celupkan ke dalam air dan selimutkan pada permukaan labu yang mengambang dan berada diatas air agar tetap basah seluruhnya. Lakukan perendaman ini minimal selama 15 – 30 menit, bila sampai beberapa jam juga tidak apa-apa – bahkan semakin lama terendam akan semakin mudah melepaskan kulit labu botol ini.

Labu botol yang telah terendam dengan baik dapat mulai dibersihkan dengan menggunakan sisi tumpul pisau dapur yang masih dipakai atau menggunakan sisi tajam pisau tumpul yang tidak dipakai lagi untuk mengupas kulit labu. Sekali membersihkan beberapa labu botol – Anda akan mengetahui kulit mana yang mudah dilepaskan dan mana yang sulit dilepaskan.

Setelah pembersihan kulit selesai kemudian dikeringkan terlebih dahulu sebelum dicat atau dipahat. Tergantung rencana pemakaian nantinya, bila ingin memotongnya tidak selalu harus kering secara menyeluruh. Untuk penggunaan labu botol kering sebagai ukiran, tidak dibutuhkan kering sempurna karena dalam kondisi masih lembab - agak basah akan mengurangi jumlah debu yang dihasilkan saat memotong.

Cara yang lain untuk mempermudah mengupas kulit labu botol adalah menunggu labu tua di pohon dan berkurang beratnya - menjadi ringan tetapi masih berwarna putih. Labu botol yang masih dalam keadaan basah akan lebih mudah dilepaskan kulitnya dibandingkan bila labu kering sempurna. Caranya sama dengan membersihkan kulit luar labu botol kering.

Yang perlu hati-hati adalah membersihkan kulit  labu yang besar karena cara ini tidak berjalan baik bila labu tidak dalam keadaan kering sempurna. Dalam keadaan yang belum kering sempurna, bila dibersihkan kulitnya akan sangat mempercepat proses pengupan air dalam labu, sehingga justru labu akan mengkerut dan tidak bisa digunakan lagi.

Jadi berhati-hatilah dalam melakukan pembersihan kulit labu botol, bila salah melakukannya justru akan berkibat buruk bagi labu botol kesayangan Anda.

Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

"Tentu saja bukan sekedar iseng. Ini satu panggilan yang sangat menyenangkan"
Bu Ida Kader dari RT 2

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?