Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Penanganan Paska Panen Labu Botol
Home Labu Keberuntungan Penanganan Paska Panen Labu Botol

Penanganan Paska Panen Labu Botol

 

 

Dalam penanganan labu botol selanjutnya, sebelum dipergunakan untuk berbagai kerajinan – labu botol kering harus dibersihkan baik bagian luar maupun bagian dalamnya terlebih dahulu. Yang sangat penting diperhatikan adalah harus berhati-hati dengan kemungkinan bahaya yang akan timbul bila melakukan pembersihan dengan cara yang salah.



Ada dua hal utama yang perlu perhatian khusus dalam penanganan labu botol kering ini, yaitu: jamur yang tumbuh secara alami di kulit luar labu kering dan debu yang dihasilkan pada saat mengupas atau menyikat kulit luar labu dan menghaluskan permukaan labu dengan amplas. Penjelasan secara lengkapnya adalah begini: (Sumber: Gourd Report -  Gourd Reserve)

Jamur labu botol.                                                       
Semua jenis spora jamur adalah sangat berbahaya terutama bagi pernafasan Anda. Bila mengeringkan labu botol dan kemudiaan tumbuh jamur, sebaiknya jangan menyimpannya di dalam rumah atau di dalam garasi karena akan berbahaya bagi keluarga karena spora akan menyebar dengan mudah ke seluruh ruangan rumah.

Jamur dapat dibersihkan dari labu dengan menyeka atau menyemprotnya dengan cairan pemutih dengan ukuran setengah gelas per galon / 4 liter air setiap satu atau dua hari sekali. Sekali jamur tumbuh di labu botol, harus ditangani secara hati-hati. Jangan mencoba meletakkan kepala dibawah rak penyimpanan labu botol pada saat memilih labu yang disukai. Ketika menggeserkan atau labu ini saling berbenturan, akan terlepas jutaan spora jamur yang akan terhisap masuk ke dalam paru dan menyebabkan masalah yang cukup serius.

Masalah yang sering timbul adalah timbulnya gejala seperti flu, sakit kepala, hidung tersumbat dengan batuk-batuk yang dapat berlangsung dalam beberapa minggu. Dan yang paling buruk adalah beberapa jamur berakibat negatif bagi kesehatan di kemudian hari.

Spora jamur adalah sangat ringan dan mudah melayang di udara. Sebelum memilih labu botol dari tumpukannya, terlebih dahulu basahi labu botol dengan air, agar bila terkena air spora akan mengendap di bawah – tidak beterbangan lagi. Setiap pekerja yang membersihkan labu menghisap beberapa spora ini setiap harinya, tetapi dengan membasahi labu akan mengurangi resiko menghisap spora menjadi minimum. Bila memiliki labu botol sendiri, ambillah handuk / lap bersih dan basahi terlebih dahulu dengan air kemudian bungkuskan menyelimuti labu, baru kemudian dibawa ke bak pencucian dan tenggelamkan dalam bak pada saat membersihkan kulit labu ini.

Debu labu botol.                                                 
Debu yang dihasilkan dari pemotongan, penggergajian dan penghalusan permukaan labu botol juga dapat menimbulkan masalah yang serius bagi paru dan yang lainnya. Usahakan jangan sampai menghisap debu ini dengan melakukan tindakan pencegahan, berupa: tempat bekerja memiliki sirkulasi udara yang baik – jangan di tempat yang tertutup, mempunyai sistem penyaring udara serta yang sangat penting dan tidak boleh ketinggalan adalah memakai masker pada saat bekerja.

Jadi berhati-hatilah dan jaga diri baik-baik dalam menangani pembersihan labu botol kering ini. Anda tidak perlu menjadi takut bekerja dengan labu botol, tetapi harus mengerti semua aspek keamanan yang harus diketahui  sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Bila mengikuti tata cara sederhana diatas, pasti tidak akan timbul  masalah sehingga Anda dapat menikmati hobby sebagai pengrajin labu botol beberapa tahun ke depan dengan senang dan tenang.



Sumber: naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?