Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Penyerbukan Labu Botol Oleh Lebah
Home Labu Keberuntungan Penyerbukan Labu Botol Oleh Lebah

Penyerbukan Labu Botol Oleh Lebah

 

Setelah memahami penyerbukan buatan labu botol oleh tangan terampil Anda, tidak ada salahnya untuk mengetahui penelitian tentang penyerbukan alami oleh lebah – baik oleh lebah madu, lebah labu maupun lebah lainnya. Inilah beberapa penelitian yang dihasilkan: (Sumber: Crop Pollination by Bees by K.S. Delaplane & D.F. Mayer)

1.    Keluarga Cucurbita normalnya adalah monoecious, yang berarti bunga jantan dan betina terdapat pada satu tanaman – dengan perbandingan bunga jantan dan betina yang dihasilkan adalah 3,5 : 1 sampai dengan 10 : 1. Bunga mekar hanya sekali saja menjelang malam dengan garis tengah kurang lebih 7,6 cm dan menutup kembali menjelang pagi dan tidak pernah membuka kembali.

2.    Bunga jantan memproduksi nektar (cairan madu) dan polen (serbuk sari) dan bunga betina hanya nektar saja yang lebih banyak – yang berguna untuk  memikat lebih banyak lebah dibandingkan bunga jantan. Butir polen ini cukup besar untuk  dibawa oleh lebah dan dipindahkan ke bunga betina.

3.    Daya hidup polen pada bunga jantan yang baru mekar adalah 92% dan pada saat menutup turun sampai 75%, dan setelah sehari menjadi hanya 10%. Jadi sangat penting untuk menyerbukkan bunga jantan seawal mungkin pada saat mekar karena daya hidupnya masih tinggi.

4.    Aktifitas lebah yang lebih awal adalah sangat penting, terutama  pada hari-hari yang panas dimana bunga menguncup lebih awal. Rata-rata pembentukan buah terjadi dari tanaman yang sama atau tanaman lainnya, tetapi penyerbukan silang menghasilkan buah yang lebih besar seperti buah labu di India.

5.    Persilangan alami dapat terjadi pada varietas Curcubita yang berbeda dalam spesies yang sama maupun berbeda. Meskipun persilangan dengan spesies lain yang tidak cocok mungkin merangsang terjadinya pembentukan buah tanpa biji (parthenocarpic). Persilangan ini tidak akan menghasilkan benih sehingga tidak akan mengganggu kemurnian benih, tetapi akan mengurangi jumlah total hasil benih yang di panen. Dengan demikian, varietas dan spesies Cucurbita yang berbeda harus dipisahkan satu dengan yang lain penanamannya dengan tujuan untuk mendapatkan jumlah benih murni yang banyak.

6.    Lebah labu dan lebah madu merupakan serangga penyerbuk yang paling penting pada keluarga Cucurbita. Bila dibandingkan dengan lebah madu, lebah labu lebih banyak melakukan kontak dengan bunga, bekerja lebih cepat dan bekerja lebih pagi. Namun, lebah labu tidak lebih efisien dalam pembentukan buah dalam lingkungan yang diinginkan. Walaupun begitu, petani labu di mancanegara masih selalu mengupayakan memperbesar populasi lebah labu liar, sehingga tidak perlu lagi penambahan koloni lebah madu.

7.    Lebah madu bekerja lebih efektif melakukan penyerbukan pada bunga Cucurbita. Tetapi lebah madu mempunyai sifat jelek, yaitu akan mencari bunga lain yang lebih banyak mempunyai polen dibandingkan dengan Cucurbita. Dan ini merupakan masalah yang cukup rumit di Amerika bagian selatan dimana galberry liar yang mempunyai lebih banyak nektar, mekar bersamaan dan akan berkompetisi dengan Cucurbita. Jalan keluarnya yang dilakukan adalah dengan memberikan pemikat (attractant) lebah madu pada ladang tanaman labu.

8.    Skinner and Lovett (1992) menemukan bahwa tawon besar (bumble bees) lebih efisien dalam pembentukan buah labu di Tenesse bagian barat. 75% bunga yang dikunjungi tawon besar ini menghasilkan buah, sedangkan lebah madu hanya menghasilkan 31% saja. Walaupun begitu, dalam kondisi normal dan dengan populasi lebah yang cukup – setiap kuntum bunga labu yang dikunjungi beberapa kali mungkin dengan lebih dari satu spesies lebah - pembentukan buah akan menjadi sangat baik.


Pembentukan buah dan jumlah benih labu akan meningkat sesuai dengan meningkatnya jumlah kunjungan lebah ke bunga, ini terjadi karena pembentukan benih tergantung dengan  jumlah serbuk sari yang terkumpul di stigma bunga betina. Jadi, populasi lebah yang besar akan membantu lebih banyak kunjungan ke bunga yang mekar, penumpukan serbuk sari dan peningkatan hasil panen – termasuk jumlah benih labu yang dihasilkan.


Lumayan kan, dari beberapa hasil penelitian diatas dapat dipergunakan untuk pengelolaan budidaya labu botol yang menjadi anggota keluarga besar spesies Cucurbita ini.


 

Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mens sana in corpore sano ... di sinilah pembentukan manusia dan SDM unggul dimulai"
Bu Ratih Ketua Pos Yandu TTC

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?