Home Labu Keberuntungan Penanganan Benih Labu Botol (bagian pertama)

Penanganan Benih Labu Botol (bagian pertama)

 

 

Untuk membeli benih labu botol yang banyak ditawarkan di internet, lebih dahulu Anda harus mengetahui cara pengambilan dan perlakuan serta penyimpanan benih oleh sang penjual. Beberapa hal yang harus diketahui sebelum membeli benih yang diinginkan agar tidak kecewa terhadap pertumbuhan benih yang dibeli sewaktu ditanam. Karena dengan penanganan benih yang salah akan dihasilkan benih yang kurang baik kualitasnya. Inilah beberapa hal penting yang perlu diketahui dalam membeli atau menyimpan benih bila suatu saat sudah melakukan panen labu botol sendiri. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan benih (Sumber Texas Trader, Inc.):

Murni atau persilangan.
Pertama, adalah penting untuk mengetahui varietas benih apa yang akan dibeli atau disimpan. Pertimbangkan benih yang benar-benar merupakan varietas unik. Bila hanya satu varietas murni yang akan ditanam, hasil benihnya juga akan murni, asal saja tidak ada yang menanam labu botol di dekat Anda.
Bila lebih dari satu varietas murni labu botol yang ditanam, hasil benih juga akan dihasilkan benih murni asalkan dilakukan penyerbukan buatan untuk mencegah persilangan karena penyerbukan alami. Bila labu botol dibiarkan penyerbukan bebas secara alami, benih yang dihasilkan tidak akan murni lagi. Tanaman labu botol mudah sekali mengalami penyerbukan silang. Benih yang dihasilkan akan sesuai dengan persilangan induknya yang perubahan genetiknya akan muncul pada musim tanam yang akan datang. Hasilpersilangan ini tidak selalu murni, sekali terjadi persilangan, akan membutuhkan beberapa tahun / generasi untuk mengembalikan menjadi benih murni lagi.

Beberapa petani tidak memperhatikan secara sungguh-sungguh untuk memelihara kemurnian galur benih labu botol yang mereka tanam. Mereka bahkan setiap tahun membeli benih yang spesifik yang diinginkan dari pembenih profesional, atau mereka menanam benih yang dimiliki asal-asalan saja hanya untuk mendapatkan kesenangan.

Orang yang tertarik dengan merawat varietas benih murni karena mempunyai minat yang khusus, menganggap ini adalah bagian dari proses penting dalam perkembangan tanaman labu botol. Satu kali penyerbukan buatan yang berhasil, buah yang berkembang secara penuh dan masak di pohon dapat menghasilkan 200–an benih murni. Bagi rata-rata petani labu, penyerbukan sendiri yang berkualitas dapat menghasilkan benih yang berharga untuk persediaan beberapa tahun ke depan, bila dirawat secara baik.

Membuka labu botol.
Menariknya, langkah awal untuk mendapatkan benih labu botol adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan secara salah. Lebih jelasnya, biasanya secara naluri petani membiarkan terlebih dahulu labu botol  kering secara alami, kemudian benih baru dikeluarkan. Yang terbaik sebenarnya adalah dengan membuka labu botol secepatnya setelah labu dipanen tua di pohon dengan tanda tangkai labu botol sudah mengering dan dengan gergaji atau pisau - buatlah lubang dengan ukuran yang cukup untuk mengeluarkan seluruh benih. Selain menghasilkan benih tua yang masih basah juga akan menghasilkan daging buah yang basah. Usahakan seluruh benih bisa dikeluarkan. menjadi kering kemudian baru membukanya. Cara ini tidak menghasilkan berwarna coklat secara menyeluruh yang merupakan tanda bahwa pemberian makanan oleh tanaman sudah berhenti. Potong

Sumber:  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?