Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Keluarga Besar Labu Botol
Home Labu Keberuntungan Keluarga Besar Labu Botol

Keluarga Besar Labu Botol

 

 

Inilah silsilah keluarga labu botol yang perlu anda ketahui agar bisa memahami perilaku dari tanaman menjalar ini.

Kingdom       :  Plantae,                                       
Subkingdom  :  Tracheobionta,                                            
Superdivision :  Spermatophyta,                                          
Division         :  Magnoliophyta,                                          
Class             :  Magnoliopsida,                               
Subclass        :  Dilleniidae,                                          
Order            :  Violales,                                          
Family           :  Cucurbitaceae,
Genus           :  Lagenaria                                                 
Species         :  Lagenaria siceraria (Molina) Standl.

Lagenaria berasal dari bahasa Yunani lagenos dan Latin lagena yang artinya botol dan siceraria berasal dari bahasa Latin sicera yang artinya tempat / bejana minum. Banyak nama yang diberikan untuk labu botol ini, diantaranya adalah labu berbunga putih dan labu calabash. Nama-nama yang diberikan sesuai dengan tradisi setempat dan sesuai dengan bentuk dari buah labu ini.

Ada lima species lain dari Lagenaria ini yang tumbuh liar di Afrika, spesies ini tumbuh di daerah tropis dan mempunyai cangkang yang lebih tipis dan jarang digunakan sebagai tempat minum. Sedangkan untuk Lagenaria siceraria mempunyai cangkang yang paling kuat dan paling tebal tebal.

Labu botol ini juga dibagi lagi menjadi dua subspecies  L.siceraria ssp.siceraria dan L.sicereria ssp.asiatica yang dibedakan berdasarkan perbedaan morfologi daun, bunga dan benih. L.siceraria ssp.siceraria ditemukan terutama di Afrika dan di Amerika, mempunyai daun umumnya lembut dan tanpa kerut, bunga berukuran kecil sampai sedang, benih biasanya berwarna gelap dengan ukuran panjang kurang dari dua kali lebarnya. Jenis asiatica ditemukan di Polynesia bagian timur, New Zealand dan Oceania - mempunyai tepi daun yang tajam, bunga lebih besar dibandingkan dengan lainnya, benih berwarna terang dengan ukuran panjang biasanya lebih dari dua kali lebarnya.

Labu botol ini merupakan varietas tunggal dengan nama yang berbeda tergantung dengan bentuk dari buahnya. Heiser (1973) menemukan bentuk-bentuk yang beda-beda  di seluruh dunia kecuali untuk beberapa jenis  - bentuknya adalah sama, seperti Maranka – labu yang berasal dari Afrika.

Bagi para petani labu botol masa kini untuk memudahkan, hanya membagi bermacam-macam kelompok berdasarkan  bentuk utama saja, pembagian dibawah ini oleh American Gourd Society (2003) yang paling sering digunakan. Dengan membuat standar nama sesuai bentuk buah labu botol ini, mereka membagi dalam empat kelompok:

1.    Tipe Basket, meliputi: cannonball, basketball, tobacco box, canteen, bushel basket, Japanese basket dan Acoma Hopi rattle.

2.    Tipe Botol, meliputi labu botol mini, martin house, penguin atau powder horn, Indonesian lumpinneck, hardshell wartie dan Chinese botlle.

3.    Tipe Dipper, meliputi shorthandled dipper, mid-sized dipper, extra-long handled dipper, club dan maranka.

4.    Tipe Siphon/Snake, meliputi banana, snake dan zucca.
(Sumber: New Zealand Garden Journal, 2003, Vol.6 – 1)

Klasifikasi  populer ini memudahkan untuk digunakan sebagai patokan bagi penanam, perdagangan labu botol serta pengrajin labu botol tanpa menggunakan patokan taksonomi botani. Jadi jangan bingung dengan begitu banyaknya bentuk labu tetapi tetap dengan satu nama: labu botol!


Sumber  naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?