Home Labu Keberuntungan Perbedaan Labu Botol dan Cucurbita

Perbedaan Labu Botol dan Cucurbita

 

Saat ini pasti Anda menjadi bertambah bingung lagi, sebelumnya sudah dibingungkan dengan beraneka ragam bentuk labu botol (Lagenaria) dengan nama yang tetap sama yaitu labu botol. Labu botol kering membutuhkan penanganan lebih lanjut agar menjadi bertambah indah, baik dengan cara hanya dibersihkan kemudian di pernis atau dicat maupun diukir dan diberi pernik-pernik hiasan tambahan untuk mempercantiknya.


Sedangkan Cucurbita (labu ornamen, ornamental gourd) dari awal setelah matang di pohon sudah menunjukkan warna-warni dekoratif yang indah tanpa membutuhkan penanganan lanjutan lagi. Kemudian bagaimana untuk membedakan keduanya, baik kelebihan serta kekurangannya ? (Sumber The Gourd Reserve)

1.    Pertanyaan yang sering muncul adalah bisakah labu botol (labu cangkang keras) disilangkan dengan Cucurbita untuk mendapatkan bentuk yang indah dan cangkang yang keras? Jawabannya adalah tidak, karena keduanya memiliki varietas yang berbeda yang secara genetik tidak cocok sehingga tidak bisa disilangkan. Bila tetap terjadi interaksi persilangan, tetap menghasilkan buah akan tetapi tanpa bakal benih sama sekali - alias steril.

2.    Lagenaria berbunga putih dan gagangnya lembut berbulu, sedangkan Cucurbita berbunga kuning  dan gagangnya biasanya kasar bergerigi.

3.    Bunga Lagenaria mekar malam hari dan penyerbukan terutama membutuhkan ngengat malam atau serangga malam lainnya. Cucurbita mekar siang hari dan penyerbukan terutama oleh lebah dan serangga penyerbuk siang lainnya.

4.    Labu botol merupakan labu dengan cangkang yang tebal, lebih sering  mempunyai warna yang seragam yaitu warna cokelat pada saat kering. Cucurbita (hanya labu ornamen/hias) mempunyai bermacam-macam warna indah yang digunakan sebagai labu dekorasi.

5.    Labu botol bila matang dan dikeringkan mempunyai cangkang keras yang bagus. Dengan membersihkan bagian dalam dan bagian luar dengan skrap akan dihasilkan bahan yang keras seperti kayu dapat digunakan sebagai wadah / tempat yang langsung dipakai atau diperindah dengan diberikan dekorasi tambahan. Labu botol kering ini dapat bertahan untuk beberapa tahun bahkan beberapa abad. Sedangkan Cucurbita hanya beberapa varietas yang mempunyai cangkang cukup tebal untuk diolah menjadi kerajinan tangan, lebih banyak yang mempunyai cangkang lebih tipis dan tidak cocok untuk penggunaan dalam jangka panjang.

6.    Cucurbita adalah tipe labu hias yang dijual di toko grosir atau di pinggir jalan selama musim Halloween dan Thanksgiving di manca negara. Lebih sering labu hias ini  hanya terlihat dalam hanya satu musim yang singkat karena mudah membusuk dan tidak mampu bertahan lama. Labu botol sebaliknya mampu bertahan lama dan dikagumi karena nilai keindahan dan artistiknya serta dengan penanganan yang baik dapat bertahan  lama dan dapat diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Sumber:   naturindonesia.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mens sana in corpore sano ... di sinilah pembentukan manusia dan SDM unggul dimulai"
Bu Ratih Ketua Pos Yandu TTC

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?