Home Menyusui dan Susu Umur Anak 2 Tahun, Haruskah Stop Menyusui?

Umur Anak 2 Tahun, Haruskah Stop Menyusui?

 

TANYA :

Dear konselor. Saya adalah ibu dari anak laki-laki berumur 2,6 tahun. Hingga saat ini, ASI saya masih keluar walaupun sudah tidak sebanyak dulu. Anak laki-laki saya pun masih suka meminta ASI hingga umurnya sekarang. Yang mau saya tanyakan ; 1. Apakah saya harus stop atau tetap memberikan ASI ke anak saya ? 2. Apakah kualitas gizi ASI saya yang sekarang masih tercukupi ? 3 Apa pengaruhnya ke saya apabila saya stop memberikan ASI, padahal masih produksi (belum kering) ? Terima kasih atas jawabannya. Salam.

(Lya, 34, Jakarta)

JAWAB :

Dear bunda,

Berat ya, rasanya melepas anak kita berhenti menyusui :). Sesungguhnya tidak ada batasan pasti, kapan harus berhenti menyusui anak kita, kecuali menunggu anak benar-benar siap. Karena, bila anak bisa menyapih dirinya sendiri tanpa dipaksa (menyapih dengan cinta), justru merupakan tahapan perkembangan anak, dan malah menjadikan anak lebih percaya diri.

Sehingga, bunda boleh menyusui anak bunda, sampai kapan pun anak bunda siap menyapih dirinya sendiri. Mengenai kualitas ASI, justeru ASI di umur anak 2 tahun atau lebih malah lebih banyak mengandung zat antiinfeksi, dan ASI-nya sendiri dapat memenuhi sampai 30% kebutuhan kalori hariannya.

Bila Bunda stop memberikan ASI saat payudara belum kering, resikonya mungkin saja payudara bengkak. Untuk mengatasinya bisa dengan diperah selama bbrp waktu tapi tidak perlu sampai tetesan terakhir, cukup sampai terasa kosong saja.

Demikian bunda, mudah-mudahan membantu ya. Sun sayang untuk si kecil :)

Andriana Chaizir
Konselor Laktasi
Ketua AIMI Jawa Barat

 

Sumber: kompas.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

ANDA ingin mempunyai Web baik untuk Web Usaha maupun Pribadi?

Kami siap membantu mulai Pembutan Web maupun Mengajarkan Pengoperasionalannya dengan biaya yang sangat murah. Selain itu kami juga bisa membuatkan animasi-animasi sederhana seperti yang kami contohkan di Web posyandu.org ini. Biaya 1 animasi hanya Rp 25.000. Seluruh(100%) hasil/pendapatan pembuatan Web dan Animasi digunakan untuk operasional pembiayaan Posyandu TTC.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?