Home Menyusui dan Susu Cara Atasi Bayi Saat Menggigit

Cara Atasi Bayi Saat Menggigit

 

 

Menyusui bayi tentu tidak semudah yang Anda pikirkan bukan? Banyak ibu yang mempunyai pengalaman kurang mengenakkan saat menyusui bayinya, salah satunya ketika sang bayi menggigit puting payudara ibu, apalagi saat sang bayi mulai tumbuh gigi. Bermacam-macam reaksi sang ibu saat itu terjadi, mulai dari berteriak kaget, menjerit, refleks menarik payudara dari sang bayi sampai dengan yang diam saja meskipun harus menahan rasa sakit.

Berbeda reaksi sang ibu saat menyusui bayi, maka akan berbeda pula yang akan dilakukan oleh sang bayi setelahnya. Bila Anda menjerit atau berteriak saat bayi menggigit saat disusui, biasanya bayi akan terkejut dan trauma sehingga bisa saja menjadi enggan untuk disusui. Namun ada juga bayi yang justru penasaran, sehingga melakukannya berulang-ulang untuk melihat reaksi ibunya dan menganggapnya sebagai permainan.

Biasanya seorang bayi yang menggigit puting ibunya saat disusui disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain tertidur saat sedang menyusu atau karena perhatiannya terganggu oleh sesuatu di sekitarnya. Namun, bila saat menyusui bayi ia terus menggigit tanpa sebab yang jelas, Anda harus mencari tahu apa penyebabnya dan berusaha untuk memuaskan kebutuhan bayi untuk menggigit dengan cara lain seperti dengan memberinya teether atau mainan khusus bayi yang aman untuk digigit.

Bila bayi Anda menggigit saat disusui, sebaiknya Anda tetap bersikap tenang dan tidak melakukan sesuatu yang dapat membuatnya kaget, kemudian lepaskan mulut bayi dari puting Anda secara perlahan untuk menghindari rasa sakit yang lebih hebat. Atau bila Anda menangkap tanda-tanda bahwa bayi Anda akan menggigit puting, segera masukkan jari kelingking Anda ke sudut mulutnya dan tempatkan di antara kedua gusinya. Dengan demikian, saat menyusui bayi Anda ia akan teralihkan dan lebih memilih untuk menggigit jari dibandingkan puting payudara Anda.

Untuk mengatasi bayi Anda agar tidak berulang kali menggigit puting payudara saat sedang disusui, Anda dapat mengikuti cara-cara menyusui bayi berikut ini :

Bila bayi menggigit puting payudara berulang-ulang, berikanlah lebih banyak ciuman, pelukan dan pujian saat dia berhasil menyusu tanpa menggigit. Dengan demikian, saat menyusui bayi Anda ia akan sedikit mengerti bahwa Anda lebih menyayanginya bila dia tidak menggigit saat disusui.
Tataplah mata bayi dengan menunjukkan rasa tidak senang saat bayi menggigit puting payudara Anda, serta segera hentikan kegiatan menyusui tersebut. Dengan begitu, saat menyusui bayi Anda ia akan menyadari bila hal tersebut Anda tidak suka ia melakukan itu dan tidak akan mengulanginya lagi di lain waktu.
Usahakan menyusui bayi di tempat yang tenang dan tidak banyak suara benda maupun orang yang dapat mengganggu konsentrasinya. Terkadang bayi menggigit karena mendengar suara asing dan berusaha menoleh ke sumber suara tanpa melepaskan mulutnya dari puting payudara.
Bila menyusui bayi, ia suka menggigit bisa saja dikarenakan ia merasa kurang perhatian dari Anda, misalnya bila Anda menyusui sambil chatting, membaca buku atau hal-hal lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, ajaklah bayi Anda mengobrol, menyanyikan lagu untuknya atau usap-usaplah kepalanya saat menyusuinya.
Terkadang bayi menggigit puting payudara ketika sudah akan berakhir menyusunya. Karena itu perhatikan saat menyusui bayi ia akan berhenti dan kenali tanda-tanda dia akan selesai menyusu. Jika sedotan bayi sudah mulai melemah atau gerakannya melambat, maka cobalah untuk menarik puting payudara Anda secara perlahan dari mulut si kecil.
Sediakan teether atau mainan yang aman untuk digigit sebelum Anda menyusui bayi Anda, terutama saat bayi Anda baru tumbuh gigi, agar ia tidak penasaran menggigit barang-barang yang lain, termasuk puting payudara Anda. Berikan kembali mainan tersebut setelah ia selesai menyusu untuk menghilangkan kepenasarannya terhadap puting payudara Anda.
Jangan menyusui bayi bila dia tidak benar-benar lapar. Bila itu dilakukan, puting payudara Anda hanya akan menjadi "mainan" bagi si kecil dengan menggigit-gigitnya saja tanpa menyedot ASI, karena dia belum menginginkannya.

 

Sumber: ibubalita.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?