Home Pertumbuhan Perawatan Keseharian Kurang Vitamin D, Bayi Rentan ISPA

Kurang Vitamin D, Bayi Rentan ISPA

 

Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) merupakan segala bentuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Infeksi saluran napas ini juga bisa terjadi pada bayi baru lahir, terutama bayi yang kekurangan vitamin D.

Gejala yang mungkin timbul akibat ISPA antara lain batuk, pilek, serta demam. Tak jarang juga bayi mengalami muntah dan diare. Semakin cepat ditangani, bayi bisa pulih seperti sedia kala.

Menurut sebuah penelitian, di usia tiga bulan bayi yang kekurangan vitamin D, beresiko dua kali lebih besar menderita ISPA. ” Kaitan antara vitamin D dan nafas menciut bisa menjadi gejala penyakit saluran napas, bukan cuma asma tapi juga ISPA,” kata Dr.Carlos Camargo, peneliti yang melakukan riset mengenai ISPA pada bayi.

Ia mengatakan meski vitamin D sering dikatikan dengan kesehatan tulang, namun vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam penelitian yang dilakukan Camargo diketahui anak yang lahir dari ibu yang cukup vitamin D selama kehamilan lebih jarang mengalami batuk dan nafas berbunyi dibanding bayi dari ibu yang kekurangan vitamin D. Penelitian ini dilakukan terhadap 922 anak yang mengambil bagian dalam New Zealand Asthma and Allergy Cohort Study.

 

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?