Home Pertumbuhan Perawatan Keseharian Anak Lambat Bicara

Anak Lambat Bicara

Anda memiliki anak usia dua tahun namun belum dapat berbicara? Perlu diwaspadai, siapa tahu ada kelainan dalam tumbuh kembangnya.

Pada mulanya bayi belajar bagaimana mengeluarkan bunyi. Lalu bagaimana membuat suara yang mirip dengan sebuah kata. Pada usia 12 bulan biasanya ia sudah bisa mengucap satu kata seperti mama, papa.

Dia berusaha meniru setiap suara yang berada di sekitarnya. Anda mungkin mendengarnya menggumam, berbicara dalam bahasa yang hanya dimengerti oleh dirinya sendiri.

Orangtua adalah pembimbing terbaik dalam perkembangan bicaranya. Beberapa anak mulai bicara di usia 9-10 bulan, namun ada juga yang baru memulainya di usia 13-14 bulan.

Jika si kecil belum bisa berbicara hingga usia 18 bulan, tidak berceloteh, tidak dapat menunjukkan anggota badannya dengan benar atau belum memahami apa yang diucapkannya, segera konsultasikan masalah itu dengan dokter, kata dr Ruslan Muhyi SpA dari RSUD Ulin Banjarmasin.

Apalagi jika di usia dua tahun si kecil jarang berinisiatif untuk berbicara atau meniru pembicaraan orang lain, mungkin dia mengalami ‘masalah’ misalnya autis, hiperaktif dan lainnya.

Dokter spesialis anak tersebut menjelaskan, banyak faktor yang mempengaruhi anak bicara. Seperti diketahui, otak anak berkembang sangat pesat pada umur dua tahun pertama kehidupan.

Perkembangan mula-mula terjadi saat anak dalam kandungan, dimana otak yang mula-mula berbentuk tabung menjadi berbentuk bulat dan sempurna pada saat usia kandungan genap sembilan bulan.

Jadi, jika anak pada periode tersebut terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka akan terjadi sesuatu di kemudian hari. Misalnya kurang mendapat gizi yang baik, ibu perokok, minum alkohol, ada infeksi atau lahir prematur.

Pusat bicara sendiri dapat distimulasi secara baik sampai umur tiga tahun, selebihnya bisa saja distimulasi tapi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Kalau si kecil mengalami gangguan atau terlambat bicara, kata Ruslan, para ibu harus memperhatikan apakah ada tingkah laku lain yang aneh selain gangguan komunikasi, seperti hiperaktif, tidak mau dipeluk, acuh, tak mau menatap mata orang yang di depannya dan lainnya.

Disebutkan, anak usia tiga tahun yang belum dapat bicara merupakan hal yang serius. Stimulus bisa berhasil dengan baik jika dilakukan pada usia dua tahun, sebab pada umur tiga tahun perkembangan bicara mulai sulit di stimulus karena perkembangan area bicara di otak mulai menurun perkembangannya.

Kemampuan anak berbicara merupakan keterampilan komunikasi yang harus dilatih secara intensif. Tanpa adanya rangsangan atau minimnya rangsang bicara, tentunya akan menghambat keterampilan bicaranya. Untuk itu, sering-seringlah mengajak ngomong si kecil meskipun ia belum mengerti, sehingga terangsang untuk menirunya.

 

Sumber juliavantiel.multiply.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

"Tentu saja bukan sekedar iseng. Ini satu panggilan yang sangat menyenangkan"
Bu Ida Kader dari RT 2

Banner
Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?