Home Pertumbuhan Psikologi Anak Cara Mendongeng Yang Baik

Cara Mendongeng Yang Baik

 

Anak-anak selalu suka mendengar cerita dongeng, baik yang diceritakan langsung oleh pendongeng perofesional, maupun guru mereka disekolah, bahkan anda pun bisa jadi pendongeng bagi anak anda. Tidak harus jadi profesional untuk mendongeng buat anak anda, hanya saja dibutuhkan beberapa tips dan trik khusus agar acara mendongeng anda jadi menyenangkan. Berikut beberapa tips mendongeng buat para orang tua yang ingin mendongeng untuk anak-anaknya:

Pilih cerita yang baik

Isi cerita menjadi faktor penting yang menentukan menarik atau tidaknya suatu dongeng. Selain itu tema yang baik juga sangat berguna bagi pekembangan kepribadiaan anak anda kelak. Pilihlah cerita yang bertemakan kelembutan, kedamaian, semangat tinggi, serta nilai-nilai lain yang dapat menguandang inspirasi dan imajinasi anak. Hindari cerita-cerita yang mengandung kekerasan, iri hati dan dengki.

Kuasai materi cerita
Pilih cerita yang paling Anda sukai, dan kemudian menguasainya. Jangan pernah mencoba menghapal sebuah cerita karena hanya akan membuat anda terperangkap didalamnya dan akan menemukan kesulitan untuk berimprovisasi jika lupa pada cerita yang akan diberikan.

Pelajari tokoh-tokoh dengan baik
Ada baiknya Anda juga menguasai mengenai tokoh-tokoh didalamnya. Karakter dan sifat dari masing-masing tokoh dalam sebuah cerita. Jadi, jika cerita harus mengalami improvisasi, tokoh-tokohnya tidak mengalami perubahan karakter.

Merubah isi cerita
Jika alur cerita dan detil suatu cerita terlupakan, Anda bisa untuk merubah isi dongeng yang penting inti cerita yang akan diceritakan tidak mengalami perubahan.

Ciptakan suasana yang tepat
Ciptakan suasana dimana mereka berada dalam kondisi sadar dan senang saat anda membacakan cerita, Namun hindari suasana formil karena suasana formil malah membuat kondisi kaku dan tidak menyenangkan. Hindari juga suasana bising selama bercerita, sebaliknya buatlah suasana tenang dan hening.

Gunakan vokal dan intonasi yang baik
Teknik vokal dan intonasi yang baik diperlukan dalam membangun sebuah cerita yang sedang dibacakan. Pastikan anda memilih teknik vokal dan intonasi yang tepat dan sesuai dengan isi cerita saat mendongeng. Yang terpenting jangan memaksakan membuat suara-suara aneh hanya untuk menekankan  tokoh tertentu jika anda memang tidak bisa. Hal tersebut hanya akan mempersulit anda dalam mendongeng jika anda tidak menguasainya. Cara yang lebih mudah adalah anda dapat memperkecil atau memperbesar suara anda dengan disertai gerak tubuh sesuai dengan tokoh dalam cerita dongeng yang Anda bawakan.

Lakukan kontak mata
Pastikan anda melakukan kontak mata dengan anak anda saat bercerita, jangan hanya fokus pada buku bacaan didepan anda. Iringi juga dengan sentuhkan perhatian dan cinta kasih anda pada mereka selama mendongeng agar sikecil semakin merasa nyaman dengan moment mendongeng tersebut

 

Kumpulan Dongeng - Cerita Anak

 
Artikel Khusus
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?