Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Tips memilih mainan untuk balita anda
Home Pertumbuhan TIPs Balita Tips memilih mainan untuk balita anda

Tips memilih mainan untuk balita anda

 

Mainan bisa memiliki peran yang besar dalam tumbuh kembang buah hati anak. Hal ini disebabkan mainan dapat memberikan pendidikan bagi balita anda. Untuk itulah, memilih mainan yang tepat bagi balita anda sangatlah penting untuk dilakukan. Tidak bisa kita semerta-merta membelikan mainan untuknya tanpa memikirkan beberapa hal terlebih dahulu. Mempertimbangkan beberapa faktor ketika akan membeli sebuah mainan untuk sang buah hati bisa dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan seenaknya membeli mainan yang terdapat di sebuah toko mainan tanpa memikirkan manfaat bagi buah hati anda tercinta. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk memilih mainan untuk balita sesuai usia mereka sehingga mainan yang kita beli dapat bermanfaat dan membantu tumbuh kembang yang optimal. Pertama-tama, pastikan anda memeriksa label mainan yang akan anda beli untuk si kecil. Lihat rekomendasi usia yang tertera pada label. Setidaknya, dengan begitu anda bisa mempersempit pencarian sebuah mainan yang akan sangat disukai si kecil, namu juga mendidik di usianya.

Kedua, perhatikan selalu perkembangan si kecil itu sendiri. Hal ini dikarenakan tidak semua balita memiliki usia perkembangan yang sama. Memang, mungkin usia mereka bisa saja sama, namun perkembangan mereka cukup berbeda. Dengan mengetahui usia perkembangan si kecil, anda bisa mempertimbangkan jenis mainan yang sekiranya tidak berbahaya jika dimainkan olehnya meski tanpa pengawasan orang tua. Ketiga, pilihlah mainan dengan kualitas yang baik. Usahakan untuk tidak memilih mainan yang mudah rusak atau lepas sehingga kemungkinan untuk melukai si kecil akan terminimalisir. Hal ini akan membuat waktu bermain anak anda menjadi semakin bermakna. Selanjutnya, pilihlah mainan yang sekiranya membantu mengoptimalkan tumbuh kembang balita anda. Misalnya, anda bisa memberikan mainan puzzle untuk membantunya mengembangkan kecerdasan dan daya imajinasinya.

Anda mungkin sedikit kesulitan memilih mainan apa yang sekiranya cocok bagi si kecil. Berikut beberapa ide atau rekomendasi mainan sesuai dengan usia anak. Mungkin, anda bisa mempertimbangkan beberapa di antaranya dengan tanpa melupakan faktor-faktor lainnya. Mainan yang cocok bagi anak usia 0-1 tahun antara lain mainan yang bisa membantu sistem gerak motoriknya. Pilihlah mainan dengan warna cerah dan mengeluarkan bunyi-bunyian seperti mainan yang digantung di atas tempat tidur, boneka yang bisa diremas si kecil, atau mainan dengan tekstur yang berbeda-beda. Untuk anak usia 1-3 tahun, anda bisa memilih mainan yang bisa membantu buah hati anda mengembangkan keterampilan baru mereka. Contohnya, anda bisa membelikan boneka tangan, telepon mainan, boneka hewan, drum, piano mainan, atau bahkan puzzle sangat sederhana. Semua ini bisa memicu kecerdasan sekaligus kreativitas si kecil. Untuk anak usia 3-5 tahun, anda bisa membelikan mainan bongkar pasang.

Sumber: tipsibunda.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?