Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Nilai Apgar dan Refleks-Refleks Bayi
Home Pertumbuhan Tumbuh Kembang Nilai Apgar dan Refleks-Refleks Bayi

Nilai Apgar dan Refleks-Refleks Bayi

 

 

 

Apgar adalah : satu sistem penilaian yang dilakukan pada menit pertama dan menit kelima setelah kelahiran.

Hal-hal yang perlu di ukur dalam penilaian Apgar :

1. warna : kulit yang berwarna merah muda menunjukan bahwa sirkulasi darah bayi berjalan baik

2. detak jantung : menunjukkan kekuatan dan keteraturan dari denyutan jantung

3. refleks : menunjukkan kemampuan ataupun kepekaan bayi dalam merespon rangsang  (biasanya dilihat saat membersihkan air ketuban yang ada dimulutnya, bayi akan merespon)

4. aktifitas : menunjukkan bahwa si kecil sehat karena adanya aktifitas otot ( kaki dan tangan bergerak dan bayi menangis kuat )

5. respirasi : bernapas, ini menunjukkan kesehatan paru-paru

Cara penilaian :

setiap kondisi diatas diukur dan masing-masing mendapatkan nilai antara 0-2. jika nilai apgar bayi diatas 7, berarti bayi tersebut memiliki kondisi fisik yang cukup baik. jika nilainya 5-7, kemungkinan sikecil mengalami masalah saat dilahirkan yang mengakibatkan ia kekurangan oksigen didalam darahnya dan memerlukan observasi selama beberapa jam setelah kelahiran. jika nilainya dibawah 4, sikecil membutuhkan pertolongan segera.

refleks-refleks bayi :
1. refleks rooting : refleks ini mendorong sikecil menemukan payudara ibu untuk menyusu. cobalah sentuh pipinya dengan telunjuk anda, ia akan segera menengok kearah telunjuk sambil membuka mulutnya seperti hendak menyusu. jika bibir bawah tengah disentuh,ia pun akan membuka mulutnya. refleks ini dimiliki bayi saat lahir dan menghilang saat usia 4bulan

2. refleks sucking : saat bayi disodorkan jari atau puting susu ibu, maka ia akan mulai menghisapnya. refleks menghisap adalah contoh refleks yang muncul saat lahir dan kemudian menghilang seiring dengan meningkatnya usia bayi.

3. refleks moro : ini adalah respon tiba-tiba pada bayi baru lahir yang terjadi akibat suara atau gerakan yang mengejutkan.ketika dikagetkan, bayi melengkungkan punggungnya, melemparkan kepalanya kebelakang, dan merentangkan tangan dan kakinya. refleks ini merupakan upaya untuk mempertahankan diri pada bayi baru lahir dan biasanya menghilang pada usia 2-3bulan.

4. refleks babinski : jila telapak kakinya disentuh, bayi akan menarik kakinya atau jemari-jemarinya mengembang. refleks ini berlanjut hingga bayi berusia 8 bulan dan menghilang setelah mencapai 9-12 bulan.

 

5. refleks palmar grasp : refleks genggam ini timbul jika kita menyentuh jari ataupun telapak tangan bayi. jari-jarinya akan menggenggam sangat kuat. refleks ini menghilang saat sikecil mencapai usia 5-6 bulan. pemakaian sarung tangan yang berlanjut setelah bayi berusia 2-3 bulan kurang dianjurkan karena berkaitan dengan refleks ini, setelah refleks menggenggam menghilang,tangan bayi mulai akan berfungsi meraih sesuatu.

6. refleks tonic neck : ini adalah refleks mempertahankan posisi leher atau kepala yang timbul bila bayi di terlentangkan. kepala bayi akan berpaling kesalah satu sisi, sementara ia tetap terlentang. lengan pada sisi kepalanya menoleh akan terlentang lurus keluar, sedangkan tangan lain dilipat atau ditekuk. refleks ini terlihat sangat nyata pada usia 2-3bulandan menghilang sekitar usia 4 bulan.

7. refleks stepping : refleks melangkah ini akan terlihat saat memegang bayi pada posisi berdiri dan seolah-olah menjejakkan kakinya diatas sebuah bidang. bayi akan mengangkat kakinya secara bergantian seolah-olah berjalan. refleks ini berkurang setelah 1 minggu dan menghilang setelah 2 bulan.

 

Sumber:  sasanachildcare.wordpress.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Banyak sekali cara beribadah. Dan di sini salah satunya"
Bu Dewi Kader dari RT 3

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?