Home Pertumbuhan Tumbuh Kembang Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Bayi

Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Bayi

 

 


Manfaat sinar matahari pagi yang lain adalah memberi kehangatan pada tubuh bayi, dan juga mempu memicu keluarnya lendir dari tenggorokan sang bayi. Hal ini juga memberi manfaat berkurangnya suara nafas bayi yang seperti suara “ngorok”. Vitamin D juga dapat dibentuk dengan rangsangan sinar matahari pagi. Vitamin D ini bermanfaat pada penyerapan kalsium pada tulang.

Meskipun banyak manfaatnya, bukan berarti boleh berlebihan dalam menjemur bayi untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi. Ada beberapa aturan yang sebaiknya diperhatikan. Berikut ulasannya:

 

  • Pilih waktu yang tepat. Waktu yang baik untuk menjemur bayi agar mendapat manfaat dari sinar matahari pagi adalah antara jam 7 sampai jam 8 pagi selama kurang lebih 15 menit.
  • Tidak perlu menggunakan pakaian. Pada waktu mnejemur bayi hendaknya lepaskan pakaiannya dan bolak balikkan tubuhnya terlentang dan tengkurap agar sinar matahari pagi mengenai tubuhnya secara merata.
  • Tentukan lokasi yang agak tertutup. Tidak perlu menjemur bayi anda di lapangan. Tempat yang tertutup namun masih mendapat panas matahari sudah sangat cukup.
  • Temukan dulu apakah bayi anda mengalami kondisi fotosensitif atu tidak. Sebab apabila bayi sensitif terhadap sinar matahari, malah akan berdampak buruk terhadap kulitnya.
  • Hindari menjemur bayi yang lahir premature. Bayi prematur membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan llingkungannya.
  • Jangan meninggalkan bayi sendirian ketika berjemur. Manfaatkan waktu ini untuk mendekatkan diri dengan bayi anda seara emosional. Ajaklah mengobrol atau lakukan kegiatan lainyang bermanfaat seperti membersihkan bagian tubuh bayi yang sering terlewat ketika mandi.
  • Kurangi durasi berjemur apabila sinar matahari sedang sangat terik. Bila terjadi peningkatan suhu terlalu tinggi pada bayi, dapat menyebabkan hipertemi.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Demikian mengenai manfaat sinar matahari pagi untuk bayi dan anjuran pemanfaatannya.

Sumber: idebunda.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mereka tak mau digendong ... dan tak mau dipegang tangannya. Berjalan sendiri dengan wajah bersemangat.  Ya ... menambah semangatku untuk lebih giat melayaninya"
Bu Agus Kader dari RT 5

Banner
Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?