Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Penyeliaan Fasilitatif (Supportif Supervision) ke Posyandu & SIP Buku Register Posyandu
Home Posyandu Penyeliaan Fasilitatif (Supportif Supervision) ke Posyandu & SIP Buku Register Posyandu

Penyeliaan Fasilitatif (Supportif Supervision) ke Posyandu & SIP Buku Register Posyandu


Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu).merupakan wadah peran serta masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar yang tersebar luas di seluruh wilayah Pasuruan. Sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia yang secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan, seperti imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu juga merupakan perpanjangan tangan Puskesmas untuk pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu di tingkat desa. Kegiatan di Posyandu merupakan kegiatan  “oleh” dan “untuk” masyarakat setempat dengan dibina oleh bidan desa.

ALUR SUPFAS-SS POSYANDU

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Program Kesehatan Ibu, Bayi baru lahir, Bayi dan Anak (KIBBLA) di Kabupaten Pasuruan, maka peran posyandu juga harus dioptimalkan. Karena posyandu merupakan pusat pelayanan kesehatan yang diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan dari petugas kesehatan utamanya bidan desa. Beberapa fungsi posyandu terkait program kIBBLA antara lain sebagai pusat pelayanan di desa untuk  : Imunisasi, Mengetahui perkembanga balita, meningkatkan pelayanan kesehatan, memeriksakan kehamilan, dan KB.

Hasil survey menunjukkan rendahnya pemanfaatan dan kualitas pelayanan Posyandu. Menurut Depdagri (1999) hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor antara lain pembinaan program sektor yang kurang, keterbatasan kemampuan petugas kesehatan, jumlah kader yang kurang dibandingkan dengan beban kerja yang harus dilakukan.

Posyandu melalui kader – kader posyandu juga merupakan ujung tombak data dan informasi sasaran KIBBLA di Desa. Surveillance Aktif di tengkat Posyandu sangat penting perannya untuk memastikan bahwa semua sasaran KIBBLA telah terdata dan telah mendapatkan pelayanan prima.

Mengingat pentingnya peran Posyandu sebagai wahana pelayanan berbagai program guna meningkatkan derajat kesehatan khususnya Ibu dan Anak, maka perlu dilakukan kegiatan Supportive Supervisión ke posyandu secara aktif dari bidan desa untuk meningkatkan kinerja dan kemandirian posyandu di kampung dan meningkatkan mutu pelayanan KIA.

Tujuan SupFas ke Posyandu adalah

Memaksimalkan fungsi bidan di desa dan meningkatkan kinerja dan kemandirian posyandu di kampung dan meningkatkan mutu pelayanan KIA secara keseluruhan.

Tujuan Khusus

  • Meningkatkan kualitas kemampuan dan ketrampilan bidan desa dalam melakukan Supportive Supervision.
  • Meningkatkan kualitas kemampuan dan ketrampilan kader posyandu
  • Meningkatkan pengelolaan dalam pelayanan posyandu
  • Meningkatkan pemenuhan kelengkapan sarana, alat dan obat di posyandu
  • Meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesinambungan kegiatan posyandu
  • Meningkatkan fungsi pendampingan dan kualitas pembinaan posyandu

 

Sumber : pwsdelima.wordpress.com

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

ANDA ingin mempunyai Web baik untuk Web Usaha maupun Pribadi?

Kami siap membantu mulai Pembutan Web maupun Mengajarkan Pengoperasionalannya dengan biaya yang sangat murah. Selain itu kami juga bisa membuatkan animasi-animasi sederhana seperti yang kami contohkan di Web posyandu.org ini. Biaya 1 animasi hanya Rp 25.000. Seluruh(100%) hasil/pendapatan pembuatan Web dan Animasi digunakan untuk operasional pembiayaan Posyandu TTC.

Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?