Home Posyandu posyandu Lansia Menarik Untuk Mengembangkan Posyandu Lansia

Menarik Untuk Mengembangkan Posyandu Lansia

 

 

Dokter Yulitha juga menyebutkan data 2011 untuk Kota Palangka Raya mempunyai pra-lanjut usia dan lanjut usia mencapai 35.343 jiwa atau 15,99 dari total jumlah penduduk di daerah ini. Dari data tersebut, katanya, tentu akan menimbulkan permasalahan yang kompleks bagi lansia itu sendiri, maupun bagi keluarga dan masyarakat.

SECARA alami proses menjadi tua mengakibatkan para lanjut usia mengalami perubahan baik secara fisik, mental, spiritual, ekonomi dan sosial. Lanjut usia mempunyai hak yang sama dalam kehidupan masyarakat. Selain mereka juga mempunyai jasa dalam pembangunan pada masa mereka produktif. Hal itu yang membuat dokter Yulitha yang lulusan Fakultas Kedokteran Unlam Banjarbaru tahun 2006 ini mengembangkan pelayanan lansia bersama dengan timnya. Padahal untuk menuju ke wilayah posyandu ditempuh dengan jalan air. "Kami ke sana naik kelotok. Lumayan melelahkan perjalanannya, tetapi juga mengasyikan," katanya. Meskipun, kata ibu dua anak ini, pada dasarnya lansia tersebut memang tidak sakit. Azas puskesmas adalah azas peran serta masyarakat. Puskesmas harus memandang masyarakat sebagai subyek pembangunan kesehatan sehingga puskesmas bekerja bersama masyarakat dalam hal identifikasi masalah, menggali sumber daya setempat, merumuskan dan merencanakan penanggulangan dan melaksanakan program kesehatan tersebut. Yulitha mengaku tertarik untuk mengembangkan pelayanan posyandu lansia karena melihat profil dari Kota Palangka Raya.

Menurut Kementerian Kesehata tahun 2011, umur harapan hidup (UHH) di Indonesia meningkat 68,6 tahun pada 2004 menjadi 70,5 tahun pada 2007. Selain itu, katanya, salah satu sasaran dari Resentra Kemenkes tahun 2010-2014 adalah meningkatkan UHH dari 70,06 tahun menjadi 72 tahun pada 2014. "UHH di Kota Palangka Raya tahun 2011 telah mencapai 73 tahun. Meningkatnya usia harapan hidup tersebut membawa konsekuensi pada meningkatnya populasi lansia. Sehingga menimbulkan kebutuhan pelayanan sosial baru bagi lansia dalam mengisi hari tuanya dengan sejahtera," ungkapnya. (*)

 

Sumber:   kaltengpos.web.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Mukanya yang mungil dan semyumnya yang lucu selalu membawa kegembiraan dan kedamaian"
Bu Juni Kader dari RT 6

Banner
Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?