Home Warta Seputar Posyandu STIKes Harapan Bangsa Gelar Pelatihan Kader Posyandu Lansia

STIKes Harapan Bangsa Gelar Pelatihan Kader Posyandu Lansia

 

 

STIKes Harapan Bangsa Purwokerto mengadakan pelatihan kader posyandu lansia di Desa Tambaksari, Kecamatan Kembaran, Banyumas Senin- Selasa  (15-16/4) lalu. Kegiatan bertemakan, "Peningkatan Kemampuan Kader Posyandu Lansia Dalam Pengelolaan Posyandu Lansia Menuju Lansia Yang Sehat, Mandiri, Bahagia dan Berdaya Guna ini, dikuti 25 kader Posyandu Desa Tambaksari.
Humas Stikes Harapan Bangsa, Yuris Tri Naili SH KN  mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi aplikasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian masyarakat. "Kader sebagai ujung tombak pembangunan masyarakat yang diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam menggerakkan kesehatan masyarakat  di Desa Tambaksari, sebagai bagian dari wilayah kerja Puskesmas 1 Kembaran," tambahnya.
Pelatihan sekaligus tindak lanjut dari pembentukan posyandu lansia di Desa Tambaksari, Kecamatan Kembaran. Yuris menambahkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam pengelolaan posyandu lansia di wilayah Desa Tambaksari. Juga meningkatkan strata posyandu lansia yang sudah ada agar bisa menjadi posyandu lansia yang mandiri.  "Diharapkan kegiatan ini memiliki hasil, yakni ada peningkatan kemampuan kader dari sisi pengetahuan dan ketrampilan pengelolaan  posyandu lansia," ujarnya.
Dalam kegiatan tersebut, STIKes Harapan Bangsa menghadirkan enam pemateri, antara lain Viny Lufiasari, mahasiswa Keperawatan S1 Semester VI, yang menyampaikan materi perubahan fisik, psikologis dan sosial pada lansia, Untung Sutrisno, mahasiswa Keperawatan S1 Sementer VI, yang menyampaikan materi masalah kesehatan  yang lazim terjadi pada lansia. Juga Arif Bastian Rasyid, mahasiswa Keperawatan semester VI, yang menyampaikan materi terapi komplementer, Sigit Irwanto dan Edwin, mahasiswa semester VI, yang menyampaikan materi cara pengisian KMS, pengukuran Tekanan darah dan penghitungan Indeks Masa Tubuh (IMT). Dua pembicara lainya yaitu Yuris Tri Naili yang memberikan materi senam Lansia,  Reni Dwi S SKM MPH, yang memberikan marteri pengelolaan Posyandu Lansia. (*)

 

Sumber:  .radarbanyumas.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasanya ingin kembali menjadi Balita. Polos ... apa adanya ... tanpa beban"
Bu Anto Kader dari RT 1

Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?