Home Warta Seputar Posyandu Kader Posyandu Anti-Iklan Rokok

Kader Posyandu Anti-Iklan Rokok

 

 

Tidak satu-dua kader Posyandu yang mempersoalkan masih ramainya iklan maupun reklame rokok di media cetak, elektronik hingga baleho kota, saat menyampaikan materi dalam lomba penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) antarkader posyandu di Puskesmas Segiri Kecamatan Samarinda Ulu.
“Kami sependapat dengan materi penyuluhan yang dibawakan para kader. Memang masih banyak tantangan yang dihadapi dalam aplikasi PHBS, termasuk masih banyaknya iklan rokok tadi,” ungkap kepala Puskesmas Segiri drg Deasy Evriyani kepada media ini di sela-sela lomba penyuluhan yang diikuti kader Posyandu dari 36 posyandu di Puskesmas Segiri, Selasa (30/4).


Tak hanya persoalan rokok, lanjut Deasy, masih banyaknya makanan dan minuman cepat saji yang kurang sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Belum adanya monitoring evaluasi terpadu kegiatan PHBS memang menjadi salah satu tantangan.
“Selain itu, kawasan padat penduduk di Samarinda dan juga banyaknya penduduk musiman yang menimbulkan permasalahan pada kehidupan sosial dan ekonomi juga tantangan tersendiri dalam penerapan PHBS,” katanya.
Oleh karena itu, sebutnya upaya penerapan 10 PHBS di lingkungan keluarga, tentu sangat tergantung dari kesadaran dan peran aktif masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.


Makanya, melalui lomba ini, diharapkan dapat memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.
“Para kader juga dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat, dan penyampaian penyuluhan bisa mengubah perilaku dan mengerti apa itu PHBS. Masyarakat bisa ber PHBS dengan 10 indikator PHBS,” katanya.


Adapun 10 indikator itu di antaranya, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita tiap bulan, menggunakan air bersih, cuci tangan pakai sabun, gunakan jamban sehat, berantas jentik di rumah sekali seminggu, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok dalam rumah.

 

Sumber: kaltimpos.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

Web Posyandu ini terbuka untuk seluruh warga TTC. Bagi siapa yang ingin memberikan kontribusinya, baik berupa artikel, opini dan lainnya, akan diberikan akses untuk posting sendiri. Untuk itu mohon memberitahukannya kepada Admin dengan memberikan Nama User dan Passwaord pribadi.

Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?