Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/posyandu/public_html/plugins/system/myApiConnect.php on line 71
Kemitraan Tingkatkan Posyandu Untuk Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak
Home Warta Seputar Posyandu Kemitraan Tingkatkan Posyandu Untuk Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak

Kemitraan Tingkatkan Posyandu Untuk Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak

 

 

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian Ibu dan Bayi/Balita.

Kegiatan Posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Kegiatan utama mencakup; Kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana, Imunisasi, Gizi, pencegahan dan penanggulangan diare; sedangkan kegiatan pengembangan adalah menambah kegiatan baru disamping lima kegiatan utama yang telah ditetapkan, yang dinamakan Posyandu Terintergrasi misalnya Bina Keluarga Balita (BKB), Tanaman Obat keluarga, Bina Keluarga Lansia, Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan berbagai program pembanguan masyarakat lainnya.

Untuk meningkatkan peran Posyandu dalam percepatan pencapaian MDGs pemerintah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan berupa Geraka Peduli Posyandu yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 14 Mei 2013.

Tema Gerakan Peduli Posyandu Tahun 2013 adalah “Melalui Kemitraan, Kita Tingkatkan Peran Posyandu Untuk Mencapai Kualitas Kesehatan Ibu dan Anak”. Tujuan diselenggarakannya Gerakan Peduli Posyandu Provinsi Sumatera Barat adalah untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakeholder dan masyarakat pada umumnya dalam mensukseskan serta mencapai tujuan MDGs pada tahun 2015 nantinya terutama di bidang kesehatan melalui Posyandu, sebuah gerakan yang tumbuh dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Kegiatan Gerakan Peduli Posyandu dimulai dengan acara Pencanangan pada hari Selasa, 7 Mei 2013 di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang. Acara Pencanangan tersebut akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Gubernur, Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. serta seluruh Bupati dan Walikota se Sumatera Barat.

Kegiatan Gerakan Peduli Posyandu merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemerintah daerah, TP PKK- Sumatera Barat, instansi terkait seperti Badan Pemberdayaan Masyarakat, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, , BKKBN Perwakilan Provinsi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Profesi, dunia usaha, swasta, pemuda dan mahasiswa.

Dengan kepedulian dan dukungan masyarakat, pencapaian MDGs di Provinsi Sumatera Barat akan berhasil sesuai dengan harapan. Dan hal ini tentu akan menjadi bagian upaya rakyat Sumatera Barat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

SEBAGAI PESAN UTAMA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN INI ADALAH

ü Ayo ke Posyandu untuk penimbangan dan memantau tumbuh kembang Balita

ü Periksa kehamilan 4 kali selama kehamilan dan   dapatkan pelayanan KB setelah bersalin

ü Ayo ke Posyandu, dapatkan Imunisasi rutin untuk Bayi dan Ibu hamil

ü Cuci Tangan Pakai Sabun

ü Stop Buang Air Besar Sembarangan

ü Datanglah ke kelas ibu hamil dan kelas ibu balita agar ibu selamat dan anak sehat

ü Program Perencanaan Persalinan Pencegahan Komplikasi (P4K) dapat diketahui di Puskesmas

ü