Home Warta Seputar Posyandu Posyandu, Layanan Kesehatan Sosial Dasar Masyarakat

Posyandu, Layanan Kesehatan Sosial Dasar Masyarakat

 

Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Timur, Sherrin Tharia, mengharapkan keberadaan Posyandu sebagai salah satu kegiatan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang merupakan lembaga kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang melalui partisipasi diri oleh dan untuk masyarakat.

‘’Saya minta Posyadu bisa sebagai perwujudan dari masyarakat, tidak serta merta hadir dan bergerak sendiri. Akan tetapi dukungan pemerintah terutama Kecamatan, Kelurahan serta Tim Penggerak PKK. Kecamatan dan Kelurahan terhadap keberadaan dan keseimbangan posyandu harus diupayakan,’’ ujar Sherrin ketika mengunjungi pembinaan Posyandu di Posyandu Melati Putih Kelurahan Parit Culum I, kemarin (18/9).

Diungkapkannya, kegiatan utama Posyandu antara lain Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi dan pencegahan dan penanggulangan diare serta disamping itu juga perlu kegiatan pengembangan atau pilihan.

‘’Untuk mencapai stratifikasi Posyandu Mandiri diperlukan program tambahan seperti adanya dana sehat, adanya bina keluarga balita, kelompok peminat kesehatan ibu dan anak, kegiatan ekonomi produktif, mengaktifkan Desa siaga dan tabungan ibu bersalin,’’ paparnya.

Selain itu, tambahnya, agar Posyandu dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya perkembangan bayi, balita, ibu hamil dan terpantau sehingga dapat mendeteksi senini mungkin apabila ditemukan kelainan atau penyakit. ‘’Yang terpenting dapat meningkatkan gizi masyarakat serta dapat menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi,’’ pungkasnya.

 

Sumber:   jambiekspres.co.id

 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

" Rasa capek itu akan sirna seketika bila melihat wajah-wajah polos yang ceria"
Bu Ridwa Kader dari RT 4

Banner
Banner
free counters
Free counters

My site is worth$15,643.58Your website value?